Satu Perusahaan Listing di Bursa Efek Tahun Depan

Emiten yang melantai di pasar modal DIY bertambah. Emiten yang bakal IPO ialah PT Mitra Tirta Buwana Tbk, perusahaan yang memproduksi air dalam kemasa

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Emiten yang melantai di pasar modal DIY bertambah. Emiten yang bakal IPO ialah PT Mitra Tirta Buwana Tbk, perusahaan yang memproduksi air dalam kemasan. 

Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) DIY, Irfan Noor Riza mengatakan calon emiten tersebut akan melakukan Public Expose menuju IPO. Rencana IPO sekitar 6 Januari 2023 mendatang. 

Baca juga: Tak Kantongi Izin Satpol PP Wonosobo Hentikan Pembangunan Menara Telkomunikasi di Desa Kapulogo

"Ini nanti merupakan Emiten ke tujuh yang melantai dari DIY. Semoga lancar," katanya, Jumat (23/12/2022). 

Ia menerangkan memang ada beberapa persyaratan bagi perushaan untuk masuk papan utama.

Selain  Perseroan Terbatas sudah beroperasi setidaknya 1 tahun atau 12 bulan, PT tersebut juga wajib miliki aktifitas aktiva bersih setidaknya Rp 5 miliar dari buku laporan keuangan audit tahun terakhir.

Baca juga: Sebanyak 95 Grup Kesenian Tradisional di Purworejo Terima Bantuan Hibah Alat

Kemudian telah melakukan penjualan setidaknya sekitar 35 persen atau Rp 50 juta dari saham yang telah diterbikan dan jumlah pemegang saham setidaknya berjumlah 500 pihak. 

"Ada Empat Papan sebagai klasifikasi di BEI yang sudah dikenal yaitu: Papan Utama, Papan Pengembangan, Papan Akselerasi dan yang baru saja diluncurkan khusus perusahaan yg berbasis teknologi adalah Papan New Economy. Syarat dan kriterianya berbeda-beda," terangnya. 

Ia berharap bertambahnya emiten di DIY  akan terus mendorong sustainable finance untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. 

"Tentunya pasar modal akan semakin kuat sebagai sumber pembiayaan untuk menopang perekonomian nasional," imbuhnya. (maw) 

 

 

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved