Berita Olahraga Hari Ini

NPC Kota Yogyakarta Gelar Pelatihan Pelatih untuk Tingkatkan Prestasi Paralimpian

Dengan kegiatan sosialiasasi ini, masyarakat akan semakin memahami dan mengetahui mengenai apa itu NPC dan olahraga bagi penyandang disabilitas .

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
NPC Kota Yogyakarta menggelar 'Pelatihan Pelatih dan Disabilitas Awarness' di Lynn Hotel, Minggu (18/12/2022) . 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - National Paralympic Committee (NPC) Kota Yogyakarta gelar Pelatihan Pelatih & Disabilitas Awarness', Minggu (18/12/2022) sebagai upaya meningkatkan potensi paralimpian.

Dalaam kegiatan ini, sejumlah pihak terkait, mulai dari perwakilan pemerintah, perwakilan NPCI Pusat, NPC DIY, guru sekolah luar biasa (SLB), pelatih, pengurus hingga sumber daya manusia pendukung kegiatan olahraga penyandang disabilitas, dihadirkan sebagai peserta.

Dengan ini diharapkan pembinaan paralimpian di Kota Yogyakarta menjadi kesadaran bersama.

Ketua Umum NPC KOta Yogyakarta , Fariz Fadhil Domily menjelaskan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah melakukan sosialisasi mengenai olahraga prestasi penyandang disabilitas ke sejumlak SLB dan instansi di Kota Yogyakarta .

Baca juga: NPC DIY Sosialisasikan Cabor Bocchia di Pusat Rehabilitasi Yakkum

Dengan kegiatan sosialiasasi ini, masyarakat akan semakin memahami dan mengetahui mengenai apa itu NPC dan olahraga bagi penyandang disabilitas .

"Demi untuk terus mensosialisasikan kegiatan-legiatan NPC Kota Yogyakarta, kami terus mencoba untuk meningkatkan kualitas pelatih dan pengurus kami demi meningkatkan prestasi peralimpian-paralimpian kami. Selain itu, kegiatan ini juga kami jadikan sarana untuk penguatan kelembagaan, karena kami juga sengaja mendatangkan pembicara dari NPCI Pusat," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketum NPC DIY, Hariyanto mengaku sangat mendukung karena apa yang dilakukan oleh NPC Kota Yogyakarta ini menjadi yang pertama.

"Kegiatan ini menurutnya sangat bagus untuk penguatan organisasi NPC Kota Yogyakarta yang sangat bersemangat untuk meningkatkan prestasi paralimpian-paralimpiannya," jelasnya.

Hariyanto juga mendukung kegiatan yang dilakukan NPC Kota Yogyakarta yang melakukan sosialisasi terkait olahraga prestasi penyandang disabilitas di sejumlah SLB di Kota Yogyakarta .

Baca juga: Sekar Arum Maharani, Atlet Futsal Kota Yogya yang Harus Berlatih dengan Tim Putra Sebelum Porda 2022

"Kegiatan kemarin itu sangat mendukung kegiatan NPC DIY yang sebelumnya telah melakukan kegiatan sosialisasi di sejumlah daerah. Yang dilakukan NPC Kota Yogya kemarin langsung menyentuh ke semua SLB yang selama ini menjadi lini terdepan untuk penyandang disabilitas," tuturnya.

Selanjutnya Kabid Binpres NPCI Pusat Slamet Widodo membeberkan untuk bisa munculkan seorang paralimpian yang berprestasi, memerlukan perjuangan panjang.

Karena, seorang paralimpian terkadang saat awal latihan akan banyak berkeluh kesah tentang beratnya program latihan yang harus diterimanya.

"Kita sebagai pelatih harus bisa terus memotivasi, memberikan semangat, dan memberikan gambaran nyata tentang tantangan dan impian kepada sang paralimpian. Kita dorong dia untuk memiliki cita-cita setinggi-tingginya, mulai dari juara nasional, juara ASEAN Para Games, Asian Para Games atau bahkan Paralimpiade, tapi kita juga sampaikan gambaran proses latihannya. Kita dorong bahwa cita-cita dan target itu bisa jadi nyata, asalkan latihan harus dijalankan terus menerus," pungkas dia.( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved