Ditonton Lebih dari 2,5 Juta Kali, KARNAMEREKA 'Ayah Ibu' Terinspirasi Kisah Eril Putra Ridwan Kamil

Video musik dari band pop punk asal Wates Kulonprogo, KARNAMEREKA berjudul 'Ayah Ibu' dalam dua minggu terakhir mendadak viral dan bahkan sudah ditont

Istimewa
Band pop punk asal Wates, Kulonprogo, KARNAMEREKA 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Video musik dari band pop punk asal Wates Kulonprogo, KARNAMEREKA berjudul 'Ayah Ibu' dalam dua minggu terakhir mendadak viral dan bahkan sudah ditonton lebih dari 2,5 juta kali dalam waktu kurang dari 3 pekan.

Dalam video klip tersebut, KARNAMEREKA yang digawangi Heroherda (gitar dan vokal), Candra (bass), Penot (gitar dan backing vokal), serta Fafa (drum) menceritakan perjuangan seorang ayah, yang ikhlas melakukan segalanya demi mewujudkan kebahagiaan sang anak.

Sang anak memiliki keinginan untuk memiliki mainan mobil-mobilan, namun lantaran faktor ekonomi, sang yang belum dapat mewujudkannya. Sang ayah terus bekerja keras, mengumpulkan uang untuk mewujudkan keinginan sang anak.

Baca juga: Grup Musik Etnik Metiyem, Punya Misi Lestarikan Musik Warisan Leluhur

Alih-alih membelikan mobil mainan, sang ayah lebih memilih untuk membelikan sang anak sebuah sepatu baru yang dirasa lebih dibutuhkan. Namun sang ayah tak bisa lagi melihat senyum bahagia sang anak, sebab saat mengayuh sepeda onthelnya pulang menuju rumah mengalami kecelakaan hingga akhirnya diceritakan meninggal dunia.

Ketika sang anak beranjak dewasa, lantas ia lah yang mengemban tugas untuk merawat dan membahagiakan orangtuanya yang masih ada, sang ibunda.

"Lewat lagu ini, KARNAMEREKA ingin menyampaikan pesan kepada para pendengar bahwa kita nggak melulu menjadi anak kecil. Pada akhirnya, kita akan beranjak dewasa, yang akhirnya memegang amanah, tanggung jawab untuk merawat orangtua kita," ungkap vokalis KARNAMEREKA, Heroherda.

Diungkapkan Heroherda, lagu 'Ayah Ibu' yang ia tulis mulai viral setelah KARNAMEREKA menggelar konser di Magelang, November 2022 lalu. Dalam kesempatan tersebut, KARNAMEREKA membawakan lagu 'Ayah Ibu', dan kebetulan ada seorang pemuda yang naik ke barikade sembari menyanyikan lagu ini secara ekspresif.

"Kebetulan, momen tersebut direkam oleh crew kami dan akhirnya diupload ke Tik Tok. Ternyata video tersebut kemudian viral, ditonton lebih dari 10 juta kali," kata Heroherda.

Nah sebelum video Tik Tok tersebut viral, KARNAMEREKA telah merencanakan pembuatan video musik 'Ayah Ibu' di Kulonprogo.

"Namun akhirnya konsep awal kami ubah, setelah terbesit ide untuk mengajak pemuda yang viral di video Tik Tok KARNAMEREKA untuk jadi bintang video klip. Lantaran tidak mengetahui identitas si pemuda ini, kami akhirnya menggelar semacam sayembara, dan akhirnya bertemulah dengan pemuda yang bernama Rahman asal Demak ini," lanjut Heroherda.

Terinspirasi dari Kisah Eril, Putra Ridwan Kamil

Heroherda bercerita, nada lagu 'Ayah Ibu' sudah ia buat sejak Februari 2022. Awalnya, nada lagu ini rencananya akan dibalut lirik tentang cinta.

Namun suatu ketika ia tak sengaja menemukan sebuah artikel puitis mengharu biru yang ditujukan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil beserta keluarga. Seperti diketahui, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, kehilangan sang putra Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril untuk selama-lamanya akibat hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss, Mei 2022 lalu.

"Ayah disini ku sendirian," bait pertama dalam lagu Ayah Ibu yang ditulis Heroherda, seakan menyampaikan bahwa Eril masih ada dan meminta sang Ayah tidak larut dalam kesedihan.

"Kalau bapak bersedih, nanti nggak ada yang menjaga ibu. Dari bait pertama, akhirnya dikembangkan menjadi sebuah lagu yang utuh," terang Heroherda.

Baca juga: Update Terbaru Bencana Tanah Longsor di Selangor Malaysia, 21 Tewas, 12 Masih Hilang

Diakui Heroherda, lagu 'Ayah Ibu' sedikit berbeda dari jalur musik pop punk KARNAMEREKA. Kali ini lagu Ayah Ibu terdengar agak pop namun vokal tetap kencang.

"Sebab kami ingin pesan dalam lagu Ayah Ibu ini tersampaikan ke masyarakat luas. Kami menyadari KARNAMEREKA mengambil jalur pop punk yang segmented pendengarnya karena itu kita putuskan instrumental dengan piano tapi vokalnya tetap powerfull," ujar Heroherda.

Perjalanan waktu, Ayah Ibu masih viral. Rencananya, lagu ini bakal dicover Tri Suaka dan Ndarboy Genk yang memiliki jutaan penonton dalam setiap penampilannya. Terbaru, Farel Prayoga, Woro Widowati serta Yeni Inka juga berencana menyanyikan ulang lagu 'Ayah Ibu'. (Han)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved