Berita Klaten Hari Ini

Akibat Angin Kencang, 11 Desa di Klaten Laporkan Adanya Pohon Tumbang, Kerugian Rp 17 Juta

Sebelas desa di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah melaporkan adanya pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Aparat kepolisian, relawan serta Camat Trucuk gotong royong membersihkan pohon tumbang yang melintang di jalanan desa, Selasa (13/12/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebelas desa di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah melaporkan adanya pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah tersebut pada Selasa (13/12/2022) sore.

Meski tak ditemukan adanya korban jiwa atau korban luka, namun kerusakan yang ditimbulkan akibat pohon tumbang di sebelas desa itu mencapai Rp 17,7 juta.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Sri Winoto menyampaikan sebelas desa yang melaporkan terjadinya pohon tumbang itu tersebar di empat kecamatan.

Baca juga: PB Palma Kembangkan EWS untuk Bantu Evakuasi Saat Banjir di Sungai Gajah Wong

"Data ini masih bersifat sementara dan akan terus dilengkapi sesuai dengan laporan dan hasil asesmen," ujarnya pada wartawan, Selasa (13/12/2022) malam.

Berdasarkan data yang dikumpulkan pihaknya, empat kecamatan yang mengalami pohon tumbang yakni di Kecamatan Karanganom, Kalikotes, Trucuk dan Tulung.

Untuk Kecamatan Karanganom, terdapat tiga desa yang melaporkan adanya pohon tumbang akibat angin kencang yakni di Desa Troso, Tarubasan dan Beku.

"Di Besa Beku Pohon tumbang jenis Munggur berdiameter 60 cm menimpa gerobak angkringan dan sempat menutup akses jalan," ucapnya.

Namun di tiga desa itu tak ada laporan korban jiwa.

Kemudian, di Kecamatan Trucuk terfapat empat desa yang mengalami pohon tumbang yakni di Desa Kradenan, Wanglu, Trucuk dan Kalikebo.

"Untuk Kecamatan ini di desa lagi terjadi dua titik Pohon tumbang tak ada korban jiwa namun satu Pohon tumbangdi dukuh Telukan Wanglu sempat merobohkan tiang listrik," jelasnya.

Selanjutnya di Kecamatan Tulung juga terdapat tiga desa yang mengalami pohon tumbang yakni Desa Malangan, Tulung dan Mundu.

Dalam laporan yang diterima pihaknya di kecamatan itu jiga tak ada korban jiwa. Namun di Desa Malangan pohon tumbang terjadi di dua titik dan sempat menimpa jaringan kabel internet.

Penanganan darurat telah dilakukan agar tak membahayakan pengguna jalan kampung di desa itu.

Baca juga: AC MILAN: Ternyata Ini Alasan Pelatih Kroasia Coret Ante Rebic di Piala Dunia 2022

Terakhir, kecamatan yang melaporkan adanya Pohon tumbang yakni Kecamatan Kalikotes di kecamatan ini pohon tumbang dilaporkan terjadi hanya di satu desa yakni Desa Tambongwetan.

Pohon jenis nangka berdiameter 30 cm tumbang di desa itu dan menimpa pagar sebuah pondok pesantren serta menimbulkan kerugian sekitar Rp 1 juta.

"Kalau ditaksir dari semua kejadian ini total kerugian sekitar Rp 17.700.000," imbuhnya.

Ia mengimbau warga untuk tetap waspada, sebab potensi hujan dan angin kencang di Klaten diprediksi masih akan terjadi. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved