Tingkatkan Omzet, Program Loyalitas Bisa Jadi Salah Satu Solusi Ampuh

Berikut enam rekomendasi strategis untuk meningkatkan transaksi bisnis agar omset semakin meningkat dan banyak konsumen yang melirik.

Penulis: And | Editor: APS
DOK. Pexels
Ilustrasi berbelanja pakaian melalui platform belanja online. 

TRIBUNJOGJA.COM – Pelaku bisnis baik itu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atau usaha besar harus memiliki kemampuan membaca tren pasar yang biasanya terus berubah.

Apalagi saat ini, banyak sekali pelaku bisnis baru bermunculan dengan menawarkan produk atau jasa tertentu yang memiliki daya pikat pasar.

Sebagai pelaku bisnis, Anda perlu memperhatikan dengan baik dan benar, apa yang membedakan antara produk atau jasa yang dimiliki dengan produk atau jasa serupa dari competitor?

Jika sudah mengetahui letak perbedaannya, jadikan hal ini sebagai nilai jual atau selling point dari produk atau jasa Anda. Setelah itu, barulah Anda fokus untuk meningkatkan transaksi bisnis dengan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan.

Berikut strategi atau cara meningkatkan penjualan agar omzet semakin meningkat dan banyak konsumen yang melirik produk atau jasa Anda:

1. Memanfaatkan media sosial (medsos)

Untuk semakin meningkatkan dan mempertahankan bisnis yang dimiliki, pelaku bisnis perlu melakukan berbagai cara agar konsumen tidak berpaling ke produk lain. Salah satu caranya dengan memanfaatkan media sosial (medsos) yang ada.

Medsos bukan lagi selalu tentang berhubungan dengan teman secara online lewat berbagi foto dan video. Lebih dari itu, medsos kini menjelma menjadi salah satu media digital yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi online untuk mengembangkan usaha Anda.

Bahkan kini, banyak medsos yang telah memfasilitasi para pebisnis melakukan promosi dengan fitur iklan atau paid posting.

Pada beberapa platform medsos, seperti Instagram, TikTok, dan Facebook (FB) terdapat fitur live yang dapat dipergunakan sebagai media promosi produk atau jasa Anda secara langsung.

Hal ini berdampak positif karena produk atau jasa yang ditawarkan dapat menjangkau lebih banyak audience di seluruh pelosok Indonesia.

2. Memanfaatkan platform e-commerce

Dengan menggunakan platform e-commerce sebagai media penjualan, Anda akan mempermudah konsumen atau target audience yang disasar untuk melakukan pembelian barang atau jasa.

Mereka bisa melakukan transaksi penjualan dengan mudah, cepat, dan dapat dilakukan di mana dan kapan saja tanpa harus datang ke toko.

Jika konsumen lama ingin kembali membeli produk atau jasa yang ditawarkan di toko Anda, mereka juga bisa melakukannya dengan mudah. Tinggal cari saja nama merchant atau toko online Anda di marketplace.

Adapun untuk meningkatkan performa penjualan, Anda bisa mengikuti beberapa program yang ditawarkan oleh e-commerce, mulai dari memberikan diskon, voucher, hingga menjalankan iklan.

3. Customer service yang cepat dan mampu memberi solusi

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved