Berita Kriminal Hari Ini

Polisi Ringkus 4 Pemuda yang Gasak 6 Sepeda Motor di Wilayah Purworejo dan Kebumen

Jajaran Polres Purworejo meringkus empat orang pemuda atas tindakan pencurian sepeda motor atau curanmor. 

Penulis: Dewi Rukmini | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Humas Polres Purworejo
Jajaran Satreskrim Polres Purworejo berhasil meringkus 4 pemuda yang telah mencuri 6 sepeda motor di wilayah Kabupaten Purworejo dan Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Jajaran Polres Purworejo meringkus empat orang pemuda atas tindakan pencurian sepeda motor atau curanmor

Dua di antara pemuda yang ditangkap oleh Satreskrim Polres Purworejo itu rupanya masih di bawah umur.

Peristiwa pencurian sepeda motor tersebut terjadi sekitar Senin (12/9/2022) lalu. 

Kasat Reskrim Polres Purworejo , AKP Ryan Eka Cahya, mengungkapkan, keempat pelaku yang diringkus adalah  AA (21), AJ (18), IP (16), dan FD (16). 

Baca juga: Dua Remaja di Bawah Umur di Purworejo Nekat Curi Motor dan Lakukan Pencurian di 10 Sekolah

Mereka dilaporkan telah berulang kali melakukan aksi curanmor hingga berhasil menggasak enam unit sepeda motor dari beberapa Desa di Kabupaten Purworejo

"Pelaku yang kami tangkap sudah berulang kali mencuri sepeda motor dari beberapa lokasi, yakni Desa Sangubanyu (Kecamatan Grabag), Desa Wareng, dan Desa Butuh di Kecamatan Butuh. Kemudian di Desa Jono dan Desa Pogung ikut Kecamatan Bayan, serta Desa Seren di Kecamatan Gebang," urai Ryan dalam laporan resminya, Sabtu (10/12/2022). 

Selain itu, pelaku juga sempat mencuri sepeda motor di wilayah Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen , Jawa Tengah. 

Ryan menceritakan, kronologi penangkaan para pelaku, bermula dari laporan warga Desa Seren, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo , bernama Sulasminah yang kehilangan sepeda motor Yamaha Jupiter AA 4397 MV di teras rumah pada Senin (12/9/2022) sekitar pukul 04.30 WIB. 

"Setelah menerima laporan tentang adanya kejadian tersebut, anggota satreskrim melakukan penyelidikan melalui media sosial. Lalu, menemukan sepeda motor milik korban yang telah hilang, di posting oleh salah satu pelaku di akun media sosial Facebook," ungkapnya. 

Dalam melancarkan aksinya, lanjut Ryan, para pelaku hanya mengambil sepeda motor yang tidak dikunci stang.

Sehingga, mereka mudah membawa sepeda motor ke tempat aman dan mengkonsletingkan kabel kunci kontak agar menyala lalu dibawa kabur. 

Dari pengembangan kasus, polisi juga mengamankan 5 unit sepeda motor yakni Honda Vario 150 CC warna putih dari Sangubanyu, Kecamatan Grabag.

Sepeda motor Honda Beat warna hitam yang dicuri dari Desa Jono, Kecamatan Bayan. 

Baca juga: Ratusan Warga Purworejo Kembali Geruduk Kantor Bupati, Polres Purworejo Kerahkan 500 Personel 

Kemudian, sepeda motor Yamaha Vixion  warna putih yang diambil dari Desa Pogung, Kecamatan Bayan.

Satu unit sepeda motor Yamaha Vixion warna putih dari wilayah Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen, serta sepeda motor Honda Karisma warna biru silver dari wilayah yang sama. 

"Jika ada masyarakat yang kehilangan sepeda motor dengan ciri-ciri tersebut, bisa langsung datang ke Polsek terdekat atau ke Polres Purworejo ," pesan Ryan. 

Sementara itu, keempat pelaku kini sudah ditetapkan sebagai tersangka dan akan diganjar dengan Pasal 363 KUHP ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara. 

"Untuk tersangka yang masih di bawah umur, kami lakukan diversi. Sebab, mereka berperan sebagai penadah sepeda motor curian," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved