Pilpres 2024

Pilpres 2024: Klaim Sudah Final, Nasdem Sebut Koalisi Perubahan Sepakati Anies Baswedan Jadi Capres

Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie menegaskan bahwa Koalisi Perubahan sudah disepakati oleh Nasdem, Partai Demokrat, PKS usung Anies Baswedan

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA
Ilustrasi - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam pengumuman deklarasi Capres 2024 di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan, yaitu Nasdem, Demokrat dan PKS dikabarkan menyepakati bahwa eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan jadi capres yang mereka usung di Pilpres 2024.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie. Ia menegaskan bahwa Koalisi Perubahan sudah disepakati oleh Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bersama dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Jumat (7/10/2022)
Ilustrasi - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bersama dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Jumat (7/10/2022) (Kompas.com | M Naufal)

Menurut Effendi Choirie, ketiga partai sudah sepakat untuk berkoalisi menghadapi Pemilu 2024.

"Jadi sudah disepakati berkoalisi, Koalisi Perubahan itu sudah sepakat, sudah final. Jadi Koalisi Perubahan, tiga partai Nasdem, Demokrat, PKS itu final. Insya Allah itu sudah final, itu sudah sepakat," ujar Effendi saat dihubungi, Jumat (9/12/2022), dikutip Tribun Jogja dari laman kompas.com.

Momentum deklarasi

Jika sudah sepakat, lantas kapan deklarasi Koalisi Perubahan yang akan mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024 itu?

Effendi menegaskan, kini ketiga partai tinggal mencari momentum deklarasi yang tepat.

Ia singgung pula bahwa Nasdem yang sudah pernah mengusulkan Koalisi Perubahan dideklarasikan 10 November 2022. 

Hanya, saat itu Demokrat dan PKS belum siap.

"Mungkin yang faktor eksternal itu kan mereka mau dukung siapa? Wapresnya siapa? Jadi berbagai sisi dihitung, berbagai hal dipertimbangkan. Nah itulah kemudian dicarikan momentum yang tepat. Kapan? Boleh Januari, boleh Februari. Yang penting calon presidennya sudah ada," tutur dia.

Effendi mengatakan soal Capres 2024 yang akan diusung partai Koalisi Perubahan sudah disepakati, yaitu Anies Baswedan.

Sebagaimana diketahui bahwa Anies Baswedan kerap ikut dalam pertemuan tim kecil Nasdem-Demokrat-PKS.

"Jadi presidennya Anies itu final. Kemudian istilah koalisi kerja sama bertiga namanya Koalisi Perubahan final, itu sepakat," kata Effendi.

(*)

Artikel tayang di https://nasional.kompas.com/read/2022/12/09/17305461/nasdem-klaim-koalisi-perubahan-sudah-final-demokrat-pks-sepakat-anies-capres

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved