Berita Pendidikan Hari Ini

Kemenkop UKM Ajak Mahasiswa ISI Yogyakarta untuk Jadi Wirausaha

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak lebih banyak mahasiswa dan anak muda pada umumnya untuk menumbuhkan UMKM social entrepreneur.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Young Entrepreneur Wanted yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) menggelar acara di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta pada Kamis (8/12/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) menggelar acara Young Entrepreneur Wanted di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta pada Kamis (8/12/2022).

Sekadar informasi, Young Entrepreneur Wanted merupakan forum dialog terbuka yang dilakukan Menteri Koperasi dan UKM dengan para mahasiswa yang dilakukan di beberapa perguruan tinggi.

Forum ini bertujuan sebagai sarana untuk memotivasi para mahasiswa untuk menjadi wirausaha dan menanamkan jiwa kewirausahaan di lingkungan akademik.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang jadi keynote speaker secara virtual mengajak lebih banyak mahasiswa dan anak muda pada umumnya untuk menumbuhkan UMKM social entrepreneur yang berpola pikir mendirikan usaha untuk sekaligus mensejahterakan masyarakat sekitar.

Baca juga: Prodi Animasi ISI Yogyakarta Luncurkan Serial Animasi Edukasi Berbudaya Jawa Si Baja

"Sehingga penting peran kampus untuk menciptakan entrepreneur unggul. Di samping itu yang tak kalah penting yakni membangun inkubator bisnis dari sisi seni ini, selain untuk membangun industri seni di antaranya animasi, seni pertunjukan, kriya, desain, film, seni rupa, dan sebagainya, senimannya kan harus punya mindset entrepreneurship," ujar Teten Masduki.

Demi mewujudkan seniman yang memiliki mindset entrepreneurship, menurut Teten Masduki yang tak kalah penting ialah harus disiapkan ekosistem bisnisnya.

Ditambahkannya, saat ini pemerintah sedang berupaya untuk menambah 1 juta wirausaha baru hingga 2024.

Target ini juga akan berkontribusi pada jumlah wirausaha baru di Indonesia menuju visi Indonesia Emas 2045.

"Untuk menjadi negara maju, kita harus punya 10 persen sampai 12 persen pengusaha dari seluruh populasi. Indonesia baru 3,18 persen," ujarnya.

Dalam acara ini, para mahasiswa juga mendapatkan cerita sukses dari alumni ISI Yogyakarta yang merupakan pemilik dari Suwatu by Mil&Bay, Rico Rindoko.

Baca juga: FSMR ISI Yogyakarta Luncurkan Seri Video Pembelajaran Multimedia bagi Calon Enterprenuer

Pembantu Rektor III Muhamad  Sholahuddin, S.Sn., M.T. dalam sambutannya menyambut baik pelaksanaan acara dan mendukung para mahasiswanya untuk menjadi wirausaha.

Dijelaskannya, ISI Yogyakarta sebelumnya telah memiliki Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) yang sudah berlangsung sejak 10 tahun silam.

"Jadi tujuan dari Young Entrepreneur Wanted ini ialah menambah persentase masyarakat Indonesia yang berwirausaha. Kalau sekarang persentasenya masih rendah, diharapkan bisa meningkat," kata Sholahuddin.

"Harapannya mahasiswa tumbuh jiwa kewirausahaannya, sehingga lebih banyak lagi yang mengikuti program wirausaha mahasiswa di ISI Yogyakarta dan nantinya bisa mewakili ke kompetisi wirausaha tingkat nasional. Diharapkan mahasiswa menjadi mahasiswa unggul yang siap bersanding dan bertanding di era global dengan jiwa kewirausahaan," harapnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved