Pembunuhan Brigadir J

Penjelasan Mantan Karo Provos Divpropam Polri Soal Pelecehan Terhadap Putri Candrawathi

Putri Candrawati mengaku dilecehkan oleh almarhum Brigadir J di rumah Jalan Duren Tiga. Pelecehan itu dilakukan dengan memegangi pahanya.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Putri Candrawathi menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2022). Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan 11 orang saksi. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Putri Candrawati mengaku dilecehkan oleh almarhum Brigadir J di rumah Jalan Duren Tiga. Pelecehan itu dilakukan dengan memegangi pahanya.

Hal itu disampaikan oleh Eks Karo Provos Divpropam Polri Brigjen Benny Ali saat menjadi saksi dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada Selasa (6/12/2022) siang.

Dalam kesaksiannya, Benny Ali mengatakan, keterangan dari Putri Candrawathi tersebut disampaikan kepadanya saat menemui istri dari Ferdy Sambo rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling.

Saat itu, Benny Ali mengaku datang ke rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling bersama Kabag Gakkum Provos Polri Kombes Susanto.

"Ya dateng sama-sama ke rumahnya sama Susanto, datang dengan Pak Santo (Kabag Gakkum Provos Polri)," kata Benny Ali saat menjawab pertanyaan dari Hakim Ketua Wahyu Iman Santoso yang menanyakan apakah Benny Ali sempat melihat Putri Candrawathi di tempat kejadian perkara (TKP), rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Duren Tiga, Jakarta.

Benny Ali mengatakan, ia tidak melihat tapi bertemu Putri Candrawathi langsung di rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling.

Hakim kemudian kembali bertanya, "ada siapa saja saat saudara bertemu?"

"Saya, Pak Santo, Pak FS," jawab Benny Ali

"Apa yang diceritakan sama Bu Putri saat itu?" tanya Hakim.

Benny kemudian menjelaskan, waktu di rumah Ferdy Sambo, Putri turun dari lantai 3 dan ia langsung melontarkan pertanyaan.

"Mohon maaf ibu, kira-kira apa yang terjadi yang ibu alami terkait dengan peristiwa yang terjadi di rumah duren tiga?" tanya Benny Ali kepada Putri Candrawathi saat itu.

Menurut Benny, Putri Candrawathi lantas menangis. Ia kemudian mengulang pertanyaan yang sama dan dijawab bahwa saat itu baru pulang dari Magelang dan sedang pakai celana pendek.

"(Kemudian sedang) istirahat di rumah Duren Tiga, sedang apa, santai-santai. Abis itu nangis lagi," kata Benny.

"Abis itu, Pak FS menambahkan bercerita lagi. Abis itu saya tanya lagi (ke Putri) gimana ceritanya?

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved