Berita Bantul Hari Ini

Dishub Bantul Siapkan Rekayasa Lalu Lintas jika Terjadi Kepadatan Kendaraan saat Nataru

Dinas Perhubungan memprediksi sejumlah ruas jalan termasuk ruas jalan di Bantul akan padat dengan pemudik maupun wisatawan.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bersiap menyambut wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru ( Nataru ) nanti .

Selain mengerahkan personel, akan ada upaya rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan kendaraan menuju lokasi wisata.

Kepadatan lalu lintas bisa saja terjadi apalagi saat ini pemerintah pusat masih memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk berwisata.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Aris Suharyanta dengan kelonggaran tersebut pihaknya memprediksi sejumlah ruas jalan termasuk ruas jalan di Bantul akan padat dengan pemudik maupun wisatawan.

Baca juga: Dishub Bantul Soal Kecelakaan Jip Wisata Pantai Parangtritis: Mengingkari Kesepakatan Bersama

Terlebih selama dua tahun masyarakat banyak yang menunda perjalanan baik mudik ataupun wisata karena pandemi Covid-19.  

Dengan demikian, di akhir tahun ini pihaknya menyiapkan beberapa hal untuk kelancaran libur nataru mendatang, yakni menyiapkan jalur termasuk jalur alternatif, hingga memperbaiki jalan yang berlubang.  

Dishub pun akan mengerahkan 60 personel untuk mengatur lalu lintas di jalur menuju obyek wisata, termasuk di obyek wisata itu sendiri.

Terutama kawasan wisata pantai Parangtritis yang menjadi primadona wisata Bantul .

Khusus saat perayaan Natal, pihaknya juga akan menempatkan personel di sejumlah gereja. 

“Kami juga akan menerapkan rekayasa lalu lintas ketika terjadi kepadatan arus, terutama di jalan Parangtritis saat malam tahun baru,” ujarnya Selasa (6/12/2022).  

DIjelaskannya, ketika terjadi kepadatan kendaraan di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Parangtritis, maka kendaraan dari arah Jogja yang akan menuju ke arah pantai akan dialihkan melalui sempalan atau simpang tiga Pundong yang pada ujungnya nanti sampai di selatan jembatan Kretek 1.

Pihaknya akan berupaya agar antrean kendaraan tidak sampai di atas jembatan kretek.

Baca juga: Dinas Pariwisata Bantul Targetkan PAD di tahun 2023 Sebesar Rp 32 Miliar

Pasalnya usia jembatan sudah tua sehingga akan membahayakan jika banyak kendaraan berhenti dalam waktu lama di atas jembatan.  

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul , Sri Harsono menambahkan untuk kelancaran lalu lintas saat malam pergantian tahun pihaknya akan memberlakukan jalan satu arah dari TPR Induk Parangtritis.

Pengunjung yang akan pulang akan diarahkan melintas ke Pantai Depok. 

Sebagai upaya menambah kelancaran arus lalu lintas, pihaknya juga bersurat ke Kementerian Perhubungan agar selama Nataru jembatan Kretek 2 bisa dibuka meski belum diresmikan.

“Untuk memecah arus lalu lintas seperti perayaan liburan lebaran beberapa waktu lalu, rencananya Jembatan Kretek 2 akan dijadikan untuk arus balik dari Parangtritis menuju Jalan Samas,” terangnya.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved