Berita Kecelakaan

Detik-detik Bus Pariwisata Terjun ke Jurang di Jalur Ekstrem Lereng Lawu, Sopir Teriak Rem Blong

Bus pengangkut rombongan wisatawan mengalami kecelakaan tunggal di jalur Tawangmangu-Magetan. 7 penumpang tewas

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Tribun Jatim Network/Febrianto Ramadani
Bus Pariwisata PT Semeru Putra Transindo Semarang, mengalami kecelakaan lalu lintas tunggal di Jalan Raya Tawangmangu Sarangan, tepatnya di Dusun Mojosemi, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan Minggu (4/12/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGETAN - Detik-detik Bus Semeru Putra Transindo dengan nomor polisi (nopol) H 1470 AG yang mengalami kecelakaan di turunan 

Sarangan-Tawangmangu, Magetan, Jawa Timur pada Minggu (4/12/2022) sekitar pukul 11.00 WIB kemarin masih diingat betul oleh kondektur bus bernama Khoirul.

Bus yang mengangkut rombongan wisatawan dari Manyaran,  Kota Semarang, Jawa Tengah tiba-tiba mengalami rem blong hingga akhirnya terjun ke dalam jurang sedalam 20 meter.

Tujuh orang tewas dalam kecelakaan tunggal tersebut. Sementara 32 penumpang lainnya mengalami luka dan mendapatkan perawatan medis.

Khoirul mengaku, saat bus mengalami rem blong di jalanan menurun, sang sopir sempat berteriak memberitahu penumpang kalau rem bus blong.

Khoirul yang mendengar rem bus blong langsung lari ke bagian belakang.

"Sopir teriaknya 'rem blong, rem blong'. Saya lari ke bagian belakang bus," terangnya pada Minggu (4/12/2022) dikutip dari Kompas.com.

Khoirul menjadi salah satu penumpang selamat dan kini dirawat di Puskesmas Plaosan, Magetan.

Setelah menjalani perawatan Khoirul dinyatakan tidak mengalami luka, tapi dadanya sempat terbentur ketika bus terjun ke jurang.

"Dada saya sakit terbentur di dalam bus," kata dia.

Kronologi kejadian 

Peristiwa memilukan tersebut terjadi ketika rombongan wisatawan asal Manyaran itu tengah menuju Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan.

Bus yang sedang melewati jalanan menurun mengalami kerusakan rem dan sopir tidak mampu mengendalikan kendali.

Kasi Humas Polres Magetan, AKP Budi Kuncahyo mengatakan seharusnya bus berbelok ke kiri setelah dari jalan menurun, tapi bus kehilangan kendali.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved