Berita DI Yogyakarta Hari Ini

BPIP Umumkan Peraih Ikon Prestasi Pancasila, dari GKR Hemas, Koes Plus, hingga Boaz Solossa

Sedikitnya 45 individu, kelompok, maupun komunitas, mendapat anugerah Ikon Prestasi Pancasila dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Anugerah Ikon Prestasi Pancasila yang digelar BPIP, di Taman Budaya Yogyakarta, Sabtu (3/12/2022) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM - Sedikitnya 45 individu, kelompok, maupun komunitas, mendapat anugerah Ikon Prestasi Pancasila dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP ), Sabtu (3/12/2022) malam.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Taman Budaya Yogyakarta tersebut, muncul deretan nama yang tidak asing lagi, mulai budayawan, atlet, hingga tokoh masyarakat. 

Kepala BPIP , Yudian Wahyudi, mengatakan, mereka yang didapuk sebagai Ikon Prestasi Pancasila, dinilai dapat mencerminkan semangat perjuangan manusia Indonesia dengan menunjukkan inspirasi keteladanan menguatkan rasa bangga dan cinta kepada Indonesia.

Adapun anugerah dibagi dalam lima kategori, meliputi sains dan inovasi, olahraga, kewirausahaan sosial, seni budaya dan tokoh penggerak lintas iman.

Baca juga: BPIP RI Ajak Masyarakat Jaga Keberagaman Lewat Medsos

"Kegiatan tahunan ini dimaksudkan sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru tanah air, yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi yang terbukti memberikan dampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia," cetus Yudian.

Ikon Prestasi Pancasila , katanya, merupakan wujud pribadi, kelompok dan komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan, dan dilakukan secara tulus dan konsisten, serta dicerminkan lewat karya, prestasi nasional, maupun internasional.

Para kandidat melalui proses ketat dalam penjaringan, seleksi oleh tim juri yang independen dan kapabel, sekaligus kesediaan menandatangani sebuah pakta integritas.

"Selain rekam jejak, mereka juga harus memiliki karya dan tindakan yang berdampak positif dan bermanfaat untuk bangsa dan negara, serta memberikan inspirasi bagi masyarakat dan lingkungan," urainya.

Di antara peraih anugarah Ikon Prestasi Pancasila , bercokol nama pesepakbola nasional Boaz Theofilus Erwin Solossa yang pernah menasbihkan diri sebagai striker lokal terbaik tanah air.

Selain rentetan prestasi yang begitu mentereng, eks penyerang Timnas Indonesia itu diganjar anugerah lantaran dianggap memiliki jiwa nasionalisme tinggi, dan patut diapresiasi.

Kemudian, grup band legendaris Koes Plus yang mulai eksis sejak 1969, ikut menerima anugerah Ikon Prestasi Pancasila .

Masuk dalam daftar The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stone Indonesia pada 2008, banyak karya Koes Plus yang dinilai merepresentasikan cinta tanah air.

Selanjutnya, GKR Hemas, yang merupakan permaisuri Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat diganjar anugerah Ikon Prestasi Pancasila, di kategori tokoh masyarakat.

Anggota DPD RI itu dianggap gigih memperjuangkan eksistensi budaya sebagai bagian dari strategi mempertahankan konsensus kebangsaan.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Bangsa Indonesia Berpegang Teguh pada Pancasila

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved