Piala Dunia 2022 Qatar

Korea Selatan Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia, Son Heung-min: Saya Sudah Lama Menunggu Momen Ini

Meski Uruguay berhasil menang 2-0 dan punya poin dan selisih gol akhir yang sama dengan Korea Selatan, Luis Suarez dkk tetap gagal lolos.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Hari Susmayanti
www.twitter.com/FIFAWorldCup
Bintang tim nasional Korea Selatan, Son Heung-min saat melakoni matchday terakhir Grup H lawan Portugal di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Jumat (2/12/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Keajaiban hadir bagi Korea Selatan saat memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai secara dramatis mengalahkan Portugal pada matchday terakhir Grup H di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Jumat (2/12/2022).

Son Heung-min dkk sempat tertinggal lebih dulu saat Ricardo Horta membawa Portugal unggul di menit kelima.

Namun, Korea Selatan yang terinspirasi kelolosan Jepang ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, mampu berbalik memimpin lewat sumbangan gol dari Kim Young-gwon menit 27 dan Hwang Hee-chan di menit 90+1.

Dengan kemenangan 2-1 ini, Korea Selatan pun berhasil lolos sebagai runner-up menemani Portugal.

Kelolosan Taeguk Warriors ke babak gugur tidak lepas dari hasil pertandingan antara Uruguay dan Ghana.

Meski Uruguay berhasil menang 2-0 dan punya poin dan selisih gol akhir yang sama dengan Korea Selatan, Luis Suarez dkk tetap gagal lolos dari penyisihan grup.

Hal itu dikarenakan Korea Selatan unggul dalam agresivitas gol dengan telah mencetak 4 gol, berbanding 2 gol milik Uruguay.

Uruguay pun harus puas dengan hanya menempati posisi ketiga di akhir klasemen Grup H Piala Dunia 2022.

"Saya sudah lama menunggu momen ini dan saya yakin kami bisa menyelesaikannya," kata Son, tampil di Piala Dunia ketiganya.

"Saya belum melakukan pekerjaan dengan baik sebagai kapten mereka, tetapi rekan satu tim saya melindungi saya. Saya sangat berterima kasih untuk mereka dan sangat bangga pada mereka. Mereka tidak pernah menyerah dan berkorban untuk tim."

Pencetak gol Hwang menambahkan: "Kami membuktikan sekali lagi bahwa kami bisa mencapai fase knock-out, dan kami mempertahankan kepercayaan itu dan melanjutkan pertandingan kami. Ini adalah sesuatu yang kami inginkan dan harapkan, jadi saya akan ingin berbagi perasaan ini dengan semua orang Korea di rumah."

Asisten pelatih kepala Korea Selatan Sergio Costa [ditanya bagaimana perbandingan tim ini dengan tim tahun 2002]: "Saya tidak bisa membandingkan kedua tim ini. Saya menonton Piala Dunia 2002 di TV, saya tidak mengenal pemain Korea secara pribadi. Sejak kami mulai bekerja dengan mereka. Saya bisa menonton beberapa pertandingan di masa lalu, tetapi saya tidak bisa membuat perbandingan.

"Apa yang terjadi sekarang, adalah tim yang sangat terorganisasi dengan baik, dengan pemain yang memiliki keterampilan individu yang tinggi. Itu adalah sesuatu yang ingin terus kami kembangkan. Kami ingin mengasah keterampilan mereka untuk meningkatkan mereka dari pertandingan ke pertandingan.

"Kami bergerak maju, fokus pada permainan individu, pertahanan kami, tetapi juga pada serangan kami. Itu adalah sesuatu yang sangat kami banggakan. Kami melihat para pemain dengan kepribadian yang kuat, mereka pantas mendapatkan hasil. Mereka pantas mendapatkan apa yang telah kami capai."

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    20
    11
    5
    4
    27
    11
    10
    38
    2
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    3
    Madura United
    20
    11
    3
    6
    26
    14
    8
    36
    4
    Persib
    18
    11
    3
    4
    31
    25
    5
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved