Pelaku Bisnis Wajib Tahu, Ini Cara Mendapatkan Konsumen Loyal

Berikut empat cara cara yang bisa dilakukan pelaku bisnis  untuk mendapatkan konsumen loyal.

Penulis: And | Editor: APS
Dok. Shutterstock
Cara mendapatkan konsumen yang loyal bagi para pelaku bisnis. 

TRIBUNJOGJA.COM – Konsumen merupakan salah satu aspek paling penting bagi sebuah bisnis, baik skala besar sampai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Oleh karenanya, penting bagi pelaku bisnis untuk menjaga loyalitas konsumen agar bisnis bisa berjalan baik.

Selain itu, loyalitas konsumen juga berpotensi meningkatkan keuntungan bisnis. Sebab, konsumen yang loyal akan membeli produk secara berulang. Bahkan, mereka akan cenderung berbelanja lebih sering daripada pelanggan baru.

Tak hanya itu, konsumen yang loyal secara otomatis akan berperan sebagai brand ambassador yang akan mempromosikan produk atau jasa yang digunakan secara gratis.

Berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan pelaku bisnis  untuk mendapatkan konsumen yang loyal. 

1. Menjalin komunikasi yang baik 

Kunci awal dalam membangun konsumen yang loyal terhadap bisnis Anda adalah komunikasi. Cobalah mengajak pelanggan untuk menjalin komunikasi langsung dengan cara fast respon saat membalas pesan dari konsumen atau menjawab dengan baik seputar bisnis Anda. 

Kemudian, Anda bisa mencari tahu yang menjadi kebutuhan dari konsumen tersebut dan tunjukkan kepada mereka bahwa bisnis Anda memiliki solusi untuk masalah tersebut. 

2. Memenuhi harapan konsumen

Bagi konsumen, mendapatkan produk sekaligus layanan terbaik dari bisnis atau produk merupakan hal yang didambakan. 

Hal itu menjadi faktor penting untuk Anda dalam meningkatkan standar terhadap bisnis yang ditawarkan. 

Anda sebagai pebisnis jangan hanya sekedar untuk memenuhi ekspektasi pelanggan, tetapi juga memberikan kepada konsumen lebih dari harapan mereka. 

Maka dari itu, konsumen akan menjadi terkesan dengan kinerja bisnis Anda dan akan terus datang kembali untuk membeli dan menggunakan produk berulang kali. 

3. Meminta feedback dari konsumen

Kritik dan saran dari sebuah bisnis sangat diperlukan. Sebab, hal adalah kunci untuk membangun bisnis menjadi lebih berkembang dan mendapatkan konsumen yang loyal. 

Oleh karena itu, penting untuk bertanya kepada konsumen soal pendapatnya terhadap produk atau jasa yang bisnis Anda berikan. Dengan begitu, konsumen akan merasa lebih didengarkan. 

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan feedback dari konsumen adalah dengan memulai percakapan menggunakan sosial media (sosmed), seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau WhatsApp. 

Jika solusi tersebut bisa membantu permasalahan konsumen, maka akan merasa puas dan akhirnya setia menggunakan produk atau layanan dari bisnis Anda. 

4. Beri promo menarik atau penghargaan 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved