Berita Gunungkidul

Bupati Gunungkidul Tebarkan Benih Ikan di Telaga Mriwis Putih

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul melaksanakan penebaran benih ikan di Telaga Mriwis Putih

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Bupati Gunungkidul Sunaryanta memberikan sambutan sebelum melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan di Telaga Mriwis Putih, Padukuhan Banyubening 2, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo, Jumat (2/12/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul melaksanakan penebaran benih ikan di Telaga Mriwis Putih, Padukuhan Banyubening II, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo.

Penebaran benih ikan jenis tawes dan nila ini dilaksanakan langsung oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dan dihadiri sejumlah instansi terkait pada Jumat (2/12/2022) pagi.

Benih ikan yang ditebar ke Telaga Mriwis Putih ini jumlahnya sekitar 20  ribu ekor.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam sambutannya mengatakan penebaran benih ikan di Telaga Mriwis Putih ini diharapkan bisa menjadi tonggak untuk meningkatkan konsumsi ikan segar bagi masyarakat di Kalurahan Bejiharjo, terutama bagi warga sekitar telaga.

" Mudah-mudahan kedepan warga akan lebih gemar mengkonsumsi ikan segar dengan adanya penebaran benih ikan di telaga ini. Konsumsi ikan segar itu penting untuk mencegah stunting,"katanya.

Kemudian, lanjut Bupati, dengan penebaran benih ikan ini, diharapkan nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mengembangkan usaha di bidang perikanan.

Selain itu, Telaga Mriwis Putih ini kedepannya diharapkan bisa dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Kalurahan Bejiharjo.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Gunungkidul, drh Krisna Berlian mengungkapkan, program penebaran benih ikan tahun ini akan dilaksanakan di 20 telaga yang tersebar di seluruh Gunungkidu.

Total ada 400 ribu benih ikan yang akan ditebarkan ke 20 telaga.

Penebaran benih ikan ini merupakan program dari pemerintah untuk melestarikan ikan-ikan air tawar baik itu yang ada di telaga maupun sungai-sungai.

" Untuk Telaga Mriwis Putih ini ikan yang ditebar jenis Tawes dan Nila. Mudah-mudahan bisa dikelola dengan baik sehingga berkembang menjadi ekonomi produktif bagi masyarakat sekitarnya. Salah satunya untuk kegiatan pemancingan,"jelasnya.

Krisna menambahkan, masyarakat di sekitar telaga diharapkan ikut berperan dalam menjaga kelestarian alam terutama dalam menjaga telaga dan sungai dari kegiatan yang menyalahi aturan, baik itu penggunaan strum dan racun.

" Dalam kesempatan ini, kami juga memasang papan larangan penggunaan strum dan racun. Sungai dan telaga boleh diambil ikannya, tapi tidak boleh menggunakan strum dan racun,"imbuhnya.

Lurah Kalurahan Bejiharjo Sigit Wibowo Nugroho menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang sudah membantu penebaran benih ikan di Telaga Mriwis Putih.

Harapannya, benih ikan yang ditebarkan tersebut bisa berkembang dan kedepannya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.(*)

 

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved