Berita Bantul Hari Ini

Warga Bantul Raih Penghasilan Tambahan Setelah Bergabung Mitra Bukalapak

Fachruddin Indra Kumara (30) warga Tundan RT 04, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Bantul mengaku sangat terbantu secara perekonomian

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Santo Ari
Fachruddin Indra Kumara (30), Mitra Bukalapak asal Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Mitra Bukalapak sebagai penyedia layanan online to offline (O2O) telah berhasil merangkul lebih dari 15,2 juta pemilik warung dan agen individu yang tersebar di lebih dari 200 kota di seluruh tanah air.

Sebagai sebuah aplikasi, Mitra Bukalapak menyediakan solusi terlengkap bagi pelaku usaha mikro dan kecil dengan cara menyediakan fitur-fitur yang menjual barang-barang fisik maupun produk-produk virtual seperti pulsa, token listrik, game voucher, pembayaran berbagai tagihan, pembayaran untuk e-commerce dan lain-lain. Sehingga melalui aplikasi ini para pemilik warung dan kios pulsa mampu meraih pendapatan yang lebih tinggi.

Fachruddin Indra Kumara (30) warga Tundan RT 04, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Bantul mengaku sangat terbantu secara perekonomian setelah dirinya bergabung menjadi Mitra Bukalapak pada tahun 2017 silam.

Baca juga: Waroeng Steak Serahkan Bantuan Kepada Korban Gempa Cianjur

“Semula saya membantu ibu jualan soto, kemudian tahun 2017 tahu ada aplikasi  Mitra Bukalapak yang menawarkan solusi mudah untuk pembelian pulsa, paket data hingga token listrik. Sampai saat ini banyak keuntungan yang saya rasakan, yang awalnya jualan pulsa, paket data, kini juga menawarkan fitur lain yaitu kirim uang, Bukasend atau kirim paket semua ekspedisi,” ujarnya saat ditemui di warungnya, Kamis (1/12/2022).

Pria yang akrab disapa Udin ini mengatakan, dengan menjadi Mitra Bukalapak membuka peluang bagi dirinya untuk menambah penghasilan termasuk membantu masyarakat sekitar rumahnya. Ia mengungkapkan banyak tetangga yang terbantu dengan aplikasi ini, ia mencontohkan bisa membantu tetangganya untuk mengirim uang tanpa harus ke bank.  

Di tahun 2020, fitur Bukasend pun membantu dirinya bertahan ketika pandemi Covid-19 melanda.

“Bukasend ini rilis 2020 bertepatan dengan pandemi. Karena kampus tutup, pendapatan warung berkurang dan dengan adanya Bukasend ini saya mampu mengembangkan usaha saya di bidang pengiriman barang,” katanya.

Sebagai Mitra Bukalapak dirinya tergabung dalam Komunitas Juwara dan mendapatkan banyak kesempatan untuk menjadi narasumber di berbagai acara kumpul Komunitas Juwara. Ia sangat menikmati momen berbagi cerita dan ilmu kepada sesama Mitra Bukalapak karena di situlah ia merasa memiliki support system dan keluarga lainnya.
 
“Selain itu, berbagai aktivitas di Komunitas Juwara juga dikemas dengan pendekatan-pendekatan yang kreatif dan berbeda-beda, sehingga kami diajak untuk bisa mengeksplorasi diri bukan hanya sebagai pemilik warung, melainkan membuka berbagai ide bisnis lainnya yang diajarkan di Mitra Bukalapak agar kami bisa naik kelas”, ujarnya.

Sementara itu, Becquini Akbar, VP Mitra Operation & Commerce, Mitra Bukalapak mengungkapkan Komunitas Juwara merupakan komunitas yang dibentuk oleh Mitra Bukalapak untuk mengumpulkan para pemilik warung, kios pulsa, dan agen individual yang tersebar di seluruh Indonesia. 
 
“Mitra Bukalapak merangkul para pemilik warung di Indonesia dan membentuk komunitas Juwara, yang saat ini menjadi komunitas warung terbesar di Indonesia dan salah satu program andalan kami untuk mempertemukan serta mengedukasi para pemilik warung dan UMKM lainnya supaya bisa naik kelas dengan digitalisasi,” ujarnya.

Di tahun ini, hampir 50.000 anggota Komunitas Juwara, aktif berpartisipasi di berbagai acara yang diselenggarakan oleh Mitra Bukalapak. Jumlah ini disebutnya mewakili kenaikan hingga 70 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pertumbuhan jumlah anggota komunitas yang positif dari waktu ke waktu, saat ini pemilik warung yang tergabung di Komunitas Juwara mencapai 120.000 orang.

Baca juga: Pemkot Yogya Kenalkan Potensi Kawasan Cagar Budaya Lewat Festival Jogja Kota

“Secara rutin, kami juga mengumpulkan seluruh anggota Juwara di berbagai kegiatan online dan offline. Di sini mereka dapat saling berbagi cerita sukses yang kemudian menginspirasi Mitra Bukalapak lainnya untuk terus tumbuh dan menjadi agen perubahan di lingkungan mereka,” imbuhnya.

Adapun acara yang diselenggarakan oleh Mitra Bukalapak bagi seluruh anggota Komunitas Juwara terdiri dari Spesial Kumpul Juwara (SKJ), Kopi Darat Juwara, Belajar Bareng Mitra (BBM), dan Spesial Kumpul Juwara Kemerdekaan (SEMARAK), di mana para pemilik warung berkesempatan untuk mempelajari berbagai trik menghadapi persaingan bisnis di era digital dengan mendalami strategi mengoptimalkan fitur-fitur di aplikasi Mitra Bukalapak.

Sebagai penutup rangkaian SKJ di tahun 2022, Mitra Bukalapak akan menggelar Spesial Kumpul Juwara Akhir Tahun (SPEKTA) pada 17 Desember 2022 dengan target hingga lebih dari 4.000 peserta dari seluruh nusantara. (nto) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved