Siswa Speak First Klaten Galang Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

Penggalangan bantuan tersebut dilakukan di sekolah yang berada di Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Sejumlah siswa SD Speak First Klaten saat menyumbangkan buku untuk korban gempa Cianjur pada boks yamg disediakan di sekolah itu, Rabu (30/11/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Siswa SD dan SMP Speak First Klaten melakukan penggalangan donasi dan bantuan bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Penggalangan bantuan tersebut dilakukan di sekolah yang berada di Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Rabu (30/11/2022).

"Hari ini kami ada donasi untuk teman-teman kami di Cianjur. Selain donasi berupa uang kami juga ada buku," ujar Kepala SD Speak First Klaten, Dian Fransiska Maharani ditemui di sela-sela kegiatan itu.

Menurut dia, bantuan berupa buku dapat menjadi sarana trauma healing untuk anak-anak yang menjadi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Jadi, bercerita atau mendongeng itu kan bisa jadi sarana untuk trauma healing dan banyak sekali anak-anak yang dikabarkan trauma di sana, jadi siswa kami inisiatif memberikan sumbangan buku," imbuhnya.

Ia mengakui, siswa SD dan SMP Speak First Klaten cukup antusias dalam menyumbang bantuan kepada korban gempa tersebut.

"Beberapa anak bahkan ada yang menyumbang satu atau dua buku bahkan lebih. Kami mendapat info dari relawan jika donasi mainan sudah banyak namun kalau buku masih minim dan kami memilih untuk menyumbang buku," tambahnya.

Kata Dian, beberapa buku yang dikumpulkan oleh pihaknya berupa buku-buku fiksi, nonfiksi hingga ensiklopedia.

"Pengiriman kita salurkan lewat alumni kita yang jadi relawan di sana dan nanti kami kirimkan lewat jasa ekspedisi," ucapnya.

Terkait, donasi berupa uang, saat ini kata dia sudah terkumpul sekitar Rp6 juta dan akan tetap dibuka penggalangan donasinya hingga Jumat (2/12/2022) mendatang.

Sementara itu, Ketua Osis SMP Speak First Klaten, Galih Raditya mengatakan jika pihaknya menggalakkan bantuan ke semua siswa SMP Speak First untuk menyumbang buku.

"Tujuannya agar teman-teman di sana bisa belajar meski berada ditenda pengungsian. Pesan saya tetap semangat, jangan putus asa, tetap tabah dan semangat menjalani hidup ke depannya," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved