Berita Kota Yogya Hari Ini

Sebanyak 300 UMKM Jogja Siap Meriahkan Sibakul Lokal Fest 7-11 Desember 2022

Dinas Koperasi dan UKM DIY bersinergi dengan Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) bakal menggelar Sibakul Lokal Fest, di Stadion Kridosono, Kota Yogya

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Azka Ramadhan
Penyelenggara Sibakul Lokal Fest menunjukkan beberapa produk yang bakal dipamerkan di Stadion Kridosono, Kota Yogya, pada 7-11 Desember 2022. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Koperasi dan UKM DIY bersinergi dengan Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) bakal menggelar Sibakul Lokal Fest, di Stadion Kridosono, Kota Yogyakarta, 7-11 Desember 2022.

Agenda tersebut, digelar sekaligus untuk menyemarakkan jelang 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU).

Sejumlah acara telah disiapkan panitia penyelenggara untuk memeriahkan kegiatan Sibakul Lokal Fest, yakni pameran teknologi digital, energi terbarukan, pertanian dan pangan, perkembangan fashion, industri produk halal, pariwisata, dan industri kreatif.

Baca juga: Polisi Terus Dalami Motif Lain Pembunuh 3 Anggota Keluarga di Mertoyudan Magelang

"Jadi, di Sibakul Local Fest nanti akan kami tampilkan produk-produk UMKM unggulan karya warga nahdliyin. Nanti juga ada nikah bersama nasional gratis, fashion show on the street, dan seminar bisnis," tandas Ketua DPW HPN DIY, Wawan Harmawan, dalam jumpa media, di Kota Yogya, Selasa (29/11/2022) sore.

Menurutnya, Si Bakul Local Fest dikemas dengan skema berbeda, dibandingkan expo pada umumnya, di mana pengunjung tak dipungut biaya untuk masuk ke area pameran.

Karena itu, lanjutnya, masyarakat bisa memanfaatkan momentum ini jadi ajang silaturahmi, sekaligus memperkuat pelaku UMKM.

"Total ada sekitar 300 UMKM yang memamerkan produk unggulannya di Sibakul Local Fest. Ya, baik itu binaan HPN, maupun Dinas Koperasi dan UKM DIY yang tergabung di Sibakul," urainya.

Menariknya, kata Wawan, pengunjung yang bakal berbelanja di area pameran diwajibkan menggunakan uang digital atau cashles. Pemilik stand pameran tidak akan menerima pembelian dengan cara uang cash, untuk mensosialisasikan budaya cashless.

"Jadi, transaksi yang pengunjung dengan pemilik stand pameran wajib menggunakan uang digital. Kami ingin mengedukasi, ya, karena ke depan semua transaksi dilakukan secara digital," jelasnya.

"Rencananya, Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki akan hadir membuka Sibakul Local Fest pada Rabu 7 Desember 2022," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pemda DIY, Srie Nurkyatsiwi, menuturkan, keterlibatan serta partisipasi warga nahdliyin dalam Sibakul Lokal Fest merupakan momentum yang istimewa.

Pasalnya, expo semacam ini bisa memulihkan perekonomian akibat terjangan pandemi corona.

"Sibakul Lokal Fest akan mendorong pelaku UMKM, untuk meningkatkan kapasitasnya. Apalagi, expo ini mengusung misi transformasi digital juga, yang ke depan jadi keniscayaan," katanya.

Baca juga: Jadi Akses Utama Warga Setempat, Jembatan Kali Branjang Gunungkidul Kerap Terendam Saat Hujan Deras

Oleh sebab itu, ungkap Siwi, Sibakul Lokal Fest telah sejalan dengan upaya pemerintah di tingkat pusat, yang mematok target 30 juta UMKM masuk dalam ekosistem digital per 2024.

Menurutnya, perpaduan UMKM tradisional dengan pengelolaan yang modern bukan hal mustahil untuk dilakukan.

"Sibakul Lokal Fest ini menampilkan deretan UMKM tradisional dengan pengelolaan yang modern, karena cashless semua. Jadi, pelaku dan pembeli didorong transaksi digital," terangnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved