Berita Kulon Progo Hari Ini

Komisi V DPR RI Meninjau Kesiapan YIA Sambut Nataru

Komisi V DPR RI melakukan kunjungan spesifik di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo dalam rangka meninjau persiapan

TRIBUNJOGJA.COM/Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo (kemeja putih) bersama Direktur Utama AP 1, Faik Fahmi (kemeja hitam) saat meninjau persiapan Bandara YIA di Kulon Progo menyambut libur Nataru, Rabu (30/11/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Komisi V DPR RI melakukan kunjungan spesifik di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo dalam rangka meninjau persiapan natal dan tahun baru (nataru).

Dalam kunjungannya tersebut, dihadiri jajaran PT Angkasa Pura (AP) 1, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Basarnas.

Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo menyebut, persiapan Bandara YIA dalam menyambut libur nataru sudah cukup bagus dan matang.

Baca juga: BPBD DIY Usulkan Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Cuaca Ekstrem DI Yogyakarta

"Di Bandara YIA sendiri, kami melihatnya secara keseluruhan sudah sangat siap. Mulai dari area kedatangan, tenant, Stasiun Bandara YIA, posko terpadu, penanganan keselamatan, kesiapan Basarnas sudah siap," katanya saat ditemui usai meninjau di Bandara YIA, Rabu (30/11/2022).

Namun, lanjut dia, ada beberapa hal yang harus ditingkatkan persiapannya, terutama jumlah gerbong kereta api (KA) Bandara YIA yang melayani rute dari Stasiun Bandara YIA ke Stasiun Tugu Yogyakarta atau sebaliknya. 

Serta peningkatkan smoking area yang termasuk wujud dari pelayanan kepada masyarakat. 

Selain kesiapan bandara, Komisi V DPR RI juga memastikan akses perbaikan jalan saat libur nataru mendatang. 

Politisi dari fraksi Gerindra berharap sudah tidak ada lagi pekerjaan konstruksi yang dapat mengganggu perjalanan transportasi darat dari Bandara YIA sampai dengan Kota Yogyakarta atau sebaliknya. 

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi mengatakan, sekarang ini, animo masyarakat untuk menggunakan transportasi udara mulai meningkat. Rata-rata jumlah penumpang di Bandara YIA mencapai 10-12 ribu saat akhir pekan. 

Baca juga: Kemenkes RI Minta Swasta Jalankan Usaha Kesehatan yang Preventif dan Promotif

"Apalagi ada momen nataru, saya kira jumlahnya akan lebih tinggi lagi dibandingkan tahun sebelumnya," ucapnya.

AP I telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Serta melibatkan personil dari TNI dan Polri untuk pengamanan di Bandara YIA

Sehingga pelayanan dan kenyamanan penumpang pada saat nataru dipastikan lebih terjamin. (scp)
 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved