Berita Jogja Hari Ini

BPBD DIY Usulkan Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Cuaca Ekstrem DI Yogyakarta

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY merekomendasikan penetapan status siaga darurat bencana kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono

TRIBUNJOGJA.COM/ Yuwantoro Winduajie
Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY merekomendasikan penetapan status siaga darurat bencana kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X terkait bencana cuaca ekstrem di wilayah DI Yogyakarta.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana mengatakan, status siaga darurat adalah keadaan di mana terdapat potensi bencana serta menimbulkan peningkatan eskalasi ancaman.

"Kita sudah mengirim surat kepada pak gubernur berupa telaah dan juga mohon arahan untuk menetapkan status siaga darurat," jelas Biwara, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Kemenkes RI Minta Swasta Jalankan Usaha Kesehatan yang Preventif dan Promotif

Rekomendasi itu tak terlepas dari kejadian berupa hujan deras dan angin kencang yang melanda sejumlah daerah di DIY.

Kondisi itu menyebabkan berbagai macam bencana seperti banjir dan tanah longsor yang menimbulkan kerugian materi hingga korban jiwa.

Dengan adanya status siaga darurat, Pemda DIY dapat melakukan respon cepat dengan menggunakan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) yang nominalnya di tahun anggaran 2022 mencapai 94 miliar.

"Karena di tanggap darurat itu di situasi ada tiga, siaga darurat, tanggap darurat, dan pemulihan darurat. Ini kita siaga darurat artinya kita meningkatkan kesiapsiagaan dengan status itu bila ada kejadian yang memerlukan respon cepat kita bisa menggunakan anggaran BTT," terangnya.

Baca juga: Bakal Calon Anggota DPD dari DI Yogyakarta Harus Punya Dukungan Minimal 2.000 Orang

Penetapan status siaga darurat juga mempertimbangkan hasil telaah dan kajian dari BMKG terkait potensi cuaca ekstrim di DIY. Selain itu, beberapa kabupaten di DIY juga telah menetapkan status siaga darurat terlebih dahulu.

"Termasuk penetapan status kabupaten yang sudah siaga darurat ini menjadi listening dan dasar kita mengusulkan ke gubernur, provinsi juga menetapkan siaga darurat. Surat sudah kita naikkan tapi penetapannya masih kita tunggu," bebernya. (tro)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved