Berita DI Yogyakarta Hari Ini

BMKG DIY Prediksi Cuaca Sepekan ke Depan, Terdapat Potensi Hujan Ringan sampai Lebat

Potensi hujan sedang sampai dengan lebat yang disertai petir dan berpotensi angin kencang, dan wilayah terdampak hampir di sebagian DIY.

dok.istimewa
Ilustrasi hujan 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Beberapa hari terakhir, Daerah Istimewa Yogyakarta diguyur hujan dengan intensitas curah ringan hingga deras. 

Kini, Kepala Kelompok Forekaster BMKG YIA, Romadi, menyampaikan prediksi kondisi cuaca di wilayah DIY selama sepekan ke depan.

Untuk tiga hari ke depan, pihaknya memprediksi terdapat potensi hujan sedang sampai dengan lebat yang disertai petir dan berpotensi angin kencang, dan wilayah terdampak hampir di sebagian DIY.

"Penyebab dari hujan lebat itu dikarenakan adanya pola tekanan Rendah di barat Sumatera, pola tekanan tekanan tertutup di barat daya Kalimantan yang menyebabkan terjadinya pola pertemuan angin atau konvergensi di hampir sebagian besar wilayah jawa termasuk wilayah DIY," katanya kepada Tribunjogja.com melalui pesan singkat, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Peringatan Cuaca BMKG Besok Kamis 1 Desember 2022, Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Disertai Angin

Tambahnya, suhu muka laut di perairan selatan dan utara Jawa juga cukup hangat, dengan kondisi tersebut untuk terbentuk awan-awan hujan sangat besar.

"Potensi hujan rata-rata terjadi di siang, sore dan malam hari. Untuk 3-7 Desember 2022, masih akan terjadi hujan namun kecenderungan hanya hujan ringan sampai dengan hujan sedang saja," tutur dia.

"Musim penghujan seperti ini juga perlu diwaspadai, karena hujan bisa terjadi sepanjang hari dan dapat mengakibatkan banjir serta tanah longsor," imbuh Romadi.

Pihaknya pun menyampaikan Warning National Digital Forecast untuk 1-2 Desember 2022.

Baca juga: BPBD DIY Usulkan Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Cuaca Ekstrem DI Yogyakarta

"Untuk 1 Desember 2022, waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kota Yogyakarta , Sleman, Kulon Progo bagian utara, Bantul bagian utara, Gunungkidul bagian utara," bebernya.

Begitu pula pada 2 Desember 2022, pihaknya mengimbau waspada akan terjadinya potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kota Yogyakarta, Sleman serta Kulon Progo bagian utara.

Pihaknya turut melakukan prediksi cuaca pada 3-7 Desember 2022.

"Untuk 3-7 Desember 2022 akan terdapat potensi hujannya ringan sampai sedang dan merata di sebagian besar wilayah DIY," tutup Romadi. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved