Berita Purworejo

Ratusan Warga Purworejo Kembali Geruduk Kantor Bupati, Polres Purworejo Kerahkan 500 Personel 

Massa menuntut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mencairkan bantuan RTLH 2022. 

Penulis: Dewi Rukmini | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Dewi Rukmini
Ratusan masyarakat dari 469 Desa di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, kembali mengeruduk kantor Bupati Purworejo di Jalan Proklamasi, pada Selasa (29/11/2022).  

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini
 
TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Ratusan masyarakat dari 469 Desa di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, kembali mengeruduk kantor Bupati Purworejo di Jalan Proklamasi, pada Selasa (29/11/2022). 

Massa yang terdiri dari  warga kurang mampu calon penerima bantuan rumah tidak layak huni ( RTLH ) 2022, unsur perangkat desa, dan karang taruna beberapa kecamatan hadir untuk menuntut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mencairkan bantuan RTLH 2022. 

Aksi tersebut merupakan bentuk kelanjutan unjuk rasa pada Senin (28/11/2022).

Yang mana, unjuk rasa itu tidak dihadiri oleh Bupati Purworejo , Agus Bastian, karena sedang ada dinas ke Kota Semarang. 

Baca juga: Ratusan Warga Geruduk Kantor Bupati Purworejo, Desak Dana Bantuan RTLH 2022 Segera Cair

Bupati pun mengundang perwakilan aksi untuk melakukan audiensi di ruang Arahiwang komplek Sekda pada Selasa (29/11/2022) pukul 15.00 WIB. 

Namun, dari pantauan di lapangan, ratusan massa aksi telah membanjiri jalan depan Kantor Bupati Purworejo sejak pukul 13.50 WIB.

Rombongan peserta datang secara arak-arakan menggunakan kendaraan mobil, pick up, dan sepeda motor.

Hingga pukul 14.30, peserta aksi dari beberapa kecamatan terus berdatangan. 

Sekitar pukul 14.33 WIB, staff Bupati mengundang sebanyak 100 perwakilan aksi demo memasuki ruang Arahiwang untuk melakukan audiensi dengan Bupati Purworejo .

Baca juga: Bantuan RTLH di Purworejo Gagal Cair karena Regulasi, Ketua DPRD: Solusi Terbaiknya Diskresi

Perwakilan itu terdiri dari kepala desa (Kades), anggota paguyuban kades, lurah, dan perangkat desa (Polosoro), serta perwakilan warga calon penerima bantuan RTLH 2022. 

Sementara itu untuk mengamankan lokasi demo, Polres Purworejo telah menurunkan sebanyak 500 personel. 

"Kurang lebih kami menurunkan sebanyak 500 personel polisi yang merupakan anggota Polres Purworejo, tentunya dengan jajaran Polsek," ungkap Kasi Humas Polres Purworejo, AKP Yuli Munasony. 

Ia menegaskan, pengamanan dilakukan untuk menjaga situasi dan kondisi aksi demo akan kondusif dan aman. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved