Pemilu 2024

KPU Bantul Siapkan Rancangan Dapil Pemilu 2024

KPU Bantul melaksanakan FGD Rancangan penetapan dapil dan alokasi kursi untuk DPRD Kabupaten Bantul pada Pemilu 2024, pada Senin (28/11/2022).  FGD in

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
Ilustrasi Pemilu 2024 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - KPU Bantul melaksanakan FGD Rancangan penetapan dapil dan alokasi kursi untuk DPRD Kabupaten Bantul pada Pemilu 2024, pada Senin (28/11/2022). 

FGD ini diikuti oleh 18 partai politik calon peserta Pemilu 2024 serta Bawaslu Bantul.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bantul, Joko Santosa menjelaskan bahwa KPU Bantul saat ini telah merancang dua opsi rancangan daerah pemilihan (dapil) DPRD Kabupaten Bantul untuk Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Xiaomi 13 yang Dibekali Chipset Terbaru Snapdragon 8 Gen 2

Rancangan pertama terdiri  dari Dapil 1: Bantul,Sewon ; Dapil 2: Banguntapan, Piyungan ; Dapil 3: Pleret, Dlingo, Imogiri ; Dapil 4: Pundong, Bambanglipuro, Jetis, Kretek ; Dapil 5: Sanden, Srandakan, Pandak, Pajangan dan Dapil 6 : Kasihan, Sedayu.

Sedangkan rancangan kedua terdiri dari Dapil 1: Bantul, Sewon ; Dapil 2: Banguntapan, Pleret  ; Dapil 3: Piyungan, Dlingo, Imogiri ; Dapil 4: Pundong, Bambanglipuro, Jetis, Kretek ; Dapil 5: Sanden, Srandakan, Pandak, Pajangan dan Dapil 6 : Kasihan, Sedayu.

“Untuk selanjutnya KPU Bantul menerima masukan dan tanggapan masyarakat berkaitan dengan rancangan dapil ini sejak 23 November sampai dengan 6 Desember yang akan datang. Masukan dan tanggapan masyarakat dapat disampaikan langsung ke KPU Kabupaten Bantul ataupun melalui infopemilu.kpu.go.id,” ujarnya Selasa (29/11/2022).

Adapun dalam penyusunan rancangan dapil ini, KPU Bantul mengacu pada prinsip-prinsip penataan dapil yang diatur dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2022. Joko menjelaskan, prinsip-prinsip penataan dapil ini antara lain kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, serta berkesinambungan.

Lebih lanjut Joko menyampaikan, pihaknya juga akan melakukan uji publik berkaitan dengan rancangan penetapan dapil ini dengan mengundang lebih banyak unsur antara lain perangkat pemerintah daerah, parpol tingkat kabupaten, Bawaslu, akademisi, pemantau pemilu, ormas serta tokoh masyarakat.

“Pasca uji publik nantinya usulan rancangan dapil DPRD Kabupaten selanjutnya akan disampaikan ke KPU pusat melalui KPU DIY untuk ditetapkan oleh KPU Pusat,” imbuhnya.

Baca juga: Kabar La Liga: Real Madrid Pertimbangkan Rekrut Harry Kane

Sementara itu, Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menjelaskan bahwa KPU RI telah menetapkan Keputusan KPU nomor 457 Tahun 2022 tentang alokasi kursi untuk DPRD Kabupaten/ Kota untuk pemilu 2024. Di dalam keputusan ini salah satunya menetapkan alokasi kursi DPRD Kabupaten Bantul sebanyak 45 kursi.

Keputusan ini didasarkan pada Data Agregat Kependudukan per kecamatan (DAK2) Bantul pada tahun 2021 sebanyak 957.352 orang.

“Merujuk pada ketentuan dalam PKPU 6 Tahun 2022 maka kabupaten/kota dengan jumlah penduduk lebih dari 500 ribu  orang sampai dengan 1 juta orang memperoleh alokasi 45 kursi,” tandasnya. (nto) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved