Berita Purworejo

Bupati Purworejo Usahakan RTLH Cair Sebelum Akhir Tahun

Bupati Purworejo mengaku butuh waktu untuk melakukan koordinasi dengan pihak berwenang lain, agar tidak muncul masalah hukum atau mal administrasi.

Penulis: Dewi Rukmini | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Dewi Rukmini
Bupati Purworejo, Agus Bastian (pegang mic), saat ditemui wartawan usai acara audiensi dengan warga calon penerima RTLH dan perwakilan perangkat desa di ruang Arahiwang kompleks Sekda Kabupaten Purworejo selesai digelar, pada Selasa (29/11/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Bupati Purworejo , Agus Bastian angkat suara terkait pencairan dana rumah tidak layak huni ( RTLH ) yang terancam gagal diterima oleh 398 warga kurang mampu dari 38 desa dan 3 kelurahan di Kabupaten Purworejo

Dalam audiensi bersama 100 perwakilan peserta aksi demo di ruang Arahiwang pada Selasa (29/11/2022), Bupati Agus Bastian berjanji akan mencairkan dana program RTLH senilai Rp5,97 miliar sebelum Desember 2022 berakhir. 

Namun, pihaknya mengaku butuh waktu untuk melakukan koordinasi dengan pihak berwenang lain, agar tidak muncul masalah hukum atau mal administrasi di kemudian hari. 

Baca juga: Ratusan Warga Purworejo Kembali Geruduk Kantor Bupati, Polres Purworejo Kerahkan 500 Personel 

Oleh karena itu, Bupati Agus Bastian meminta masyarakat, khususnya calon penerima bantuan RTLH 2022 dan perangkat desa yang tergabung dalam Paguyuban Kades, Lurah, dan Perangkat Desa (Polosoro) di Kabupaten Purworejo , untuk bersabar. 

"Tunggu lah sebentar. Insya Allah, semuanya bisa diselesaikan. Tapi saya butuh waktu, karna harus mengkoordinasikan, meminta fatwa, dan berkonsultasi (dengan penegak hukum), kira-kira bisa tidak ini (pencairan RTLH) dilaksanakan. Jika bisa, maka akan kami laksanakan sebelum Desember 2022 berakhir," ucap Bupati Agus Bastian saat audiensi, Selasa (29/11/2022). 

Pihaknya juga meminta masyarakat untuk tidak panik dan gelisah.

Sebab, hingga saat ini dana alokasi RTLH 2022 masih tersimpan utuh di rencana anggaran APBD 2022. 

"Perlu bapak-ibu ketahui bahwa uang ini ( anggaran RTLH ) masih utuh. Tidak dihapus, tidak dibatalkan, atau tidak dianggarkan kembali. Saya sudah kroscek di APBD yg diketuai Pak Sekda. Belum dihapus, uangnya masih ada," tegasnya. 

Menangapi janji Bupati Purworejo , Ketua Polosoro, Suwarto, mengaku puas dan sangat bersyukur.

Bahkan, rasa syukur itu Suwarto ungkapkan dengan melakukan sujud syukur di depan Bupati Purworejo pada akhir sesi audiensi. 

Ia mengungkapkan, siap bersabar menunggu hasil realisasi pencairan RTLH 2022 yang dijanjikan selesai sebelum akhir tahun. 

Baca juga: Ratusan Warga Geruduk Kantor Bupati Purworejo, Desak Dana Bantuan RTLH 2022 Segera Cair

"Insya Allah, kami percaya dengan Pak Bupati bahwa pada tahun ini (2022) akan terrealisasi (pencairan dana bantuan RTLH). Kami selaku masyarakat, memberi kepercayaan penuh kepada Bupati Purworejo untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kami siap menunggu dan bersabar," ujarnya kepada wartawan usai audiensi berakhir. 

Sebelumnya, diberitakan bahwa ratusan warga yang terdiri dari calon penerima bantuan RTLH 2022 dan segenap perangkat desa dari 469 Desa di Kabupaten Purworejo , kembali melakukan aksi demo di depan Kantor Bupati Purworejo ada Selasa (29/11/2022). 

Aksi unjuk rasa itu merupakan kelanjutan demo yang telah dilakukan warga pada Senin (28/11/2022). 

Mereka masih menuntut Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk segera mencairkan dana bantuan RTLH senilai Rp5,97 miliar kepada 398 warga kurang mampu dari 38 Desa dan 3 Kelurahan di Kabupaten Purworejo . ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved