Sibakul Sport Fest

Sibakul Sport Fest Diharapkan Jadi Tonggak Kebangkitan UMKM di Yogyakarta

Sibakul Sport Fest merupakan upaya pemerintah dalam memberikan ruang pertemuan antara masyarakat, khususnya kalangan pelari, dengan para pelaku UMKM

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUN JOGJA/AZKA RAMADHAN
Para peserta Sibakul Sport Fest menyambangi gerai-gerai UMKM di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Minggu (27/11/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gelaran lari Sibakul Sport Fest yang dipusatkan di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Minggu (27/11/2022) pagi,menghadirkan kemeriahan luar biasa dan diikuti ribuan pelari dari beragam daerah.

Agenda ini pun diharapkan bisa menjadi tonggak kebangkitan ekonomi pelaku UMKM di DIY.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menandaskan selain menghadirkan kompetisi lari dengan rute 5 dan 10 kilometer, Sibakul Sport Fest juga memberikan wadah bagi pelaku UMKM di Jogja.

Sedikitnya, ada 70 UMKM dari berbagai sektor ikut ambil bagian dengan memamerkan produk-produk unggulan.

"Jadi, selain lomba lari, kita gelar pameran UMKM di Sibakul Sport Fest, supaya orang-orang, atau para pelari yang ikut serta, bisa lebih mengenal produk UMKM yang ada di Yogyakarta," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, menambahkan Sibakul Sport Fest merupakan upaya pemerintah dalam memberikan ruang pertemuan antara masyarakat, khususnya kalangan pelari, dengan para pelaku UMKM.

"Sibakul Sport Fest baru tahun ini kami gagas, dengan harapan menjadi ruang bertemu antara UMKM dengan masyarakat, lewat kemasan kekinian," urainya.

"Event ini mengkolaborasikan sportainment, di mana UMKM menampilkan produk mereka dan menjualnya, kemudian penghobi dan atlet lari bisa berkompetisi dalam Sibakul Sport Fest ini," imbuh Siwi.

Ia menjelaskan, seluruh pelaku UMKM yang tampil dalam ajang Sibakul Sport Fest merupakan binaan Sibakul, di bawah naungan Dinas Koperasi dan UKM DIY.

Dirinya pun mengakui, ke depan, ada peluang event semacam ini akan digelar secara rutin.

"Ini kan baru pertama, jadi nanti kita evaluasi lagi, dilihat seberapa jauh dampaknya. Karena Sibakul Sport Fest bukan sekadar event lari, tapi dampaknya pada pertumbuhan ekonomi harus ada. Tentu, kita berharap ini bisa rutin," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved