Dorong Literasi Bahasa Arab, PKS DIY Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Agenda ini diharapkan bisa meningkatkan literasi Bahasa Arab, yang diyakini jadi modal penting untuk memahami Islam.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/Azka Ramadhan
Suasana lomba baca kitab kuning yang digelar DPW PKS DIY, di kantor sekretariat setempat, Yogyakarta, Minggu (27/11/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DI Yogyakarta menggulirkan lomba baca kitab kuning di kantor sekretariat setempat, Kota Yogyakarta, Minggu (27/11/2022) siang.

Agenda ini diharapkan bisa meningkatkan literasi Bahasa Arab, yang diyakini jadi modal penting untuk memahami Islam.

Ketua DPW PKS DIY, Agus Mas'udi, menyampaikan agenda tahunan yang sudah memasuki edisi ke-6 ini, diikuti oleh 46 peserta dari beragam latar belakang.

Mulai dari santri-santri pondok pesantren, mahasiswa, hingga  masyarakat umum yang selama ini memang mulai intensif mempelajari kitab kuning.

"Kenapa Kitab Kuning? Karena menggunakan Bahasa Arab, dan Bahasa Arab itu kan sangat penting untuk memahami ajaran Islam," tandas Agus.

Ia pun mengungkapkan, kegiatan ini baru memasuki babak awal, atau penyisihan, untuk para peserta di tingkat provinsi.

Selanjutnya, juara pertama dari fase ini, bakal dikirimkan ke DKI Jakarta, untuk ikut serta dalam lomba baca kitab kuning di tingkat nasional, yang dilangsungkan Fraksi PKS DPR RI.

"Kitab yang digunakan dalam lomba adalah Fathul Mu'in karya Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibari. Tiap tahun kita menggunakan kitab itu, ya, karena tingkat kesulitannya yang tinggi," ungkap Agus.

Untuk lomba di tingkat DIY sendiri, pihaknya telah mempersiapkan hadiah uang tunai sebesar Rp4 juta bagi juara pertama, Rp3 juta juara kedua, serta Rp2 juta untuk juara ketiga.

Ia berharap, hadiah tersebut, bisa menjadi motivasi bagi para peserta untuk terus mempelajari dan mendalami kitab kuning.

"Kami berharap, dengan adanya lomba ini PKS bisa terus mendukung dan meningkatkan semangat santri belajar kitab kuning," terangnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved