Piala Dunia 2022

Syarat Jerman Lolos ke Babak 16 Besar Setelah Kalah dari Jepang & Spanyol Bantai Kosta Rika

Lalu apa saja syarat yang harus dipenuhi Jerman agar dapat memastikan lolos ke babak sistem gugur atau Babak 16 Besar Piala Dunia 2022?

Penulis: Joko Widiyarso | Editor: Joko Widiyarso
Ina Fassbender/AFP
(Atas, Kiri-Kanan) Bek Jerman #03 David Raum, penjaga gawang #01 Manuel Neuer, bek #02 Antonio Ruediger, gelandang #07 Kai Havertz, bek #15 Niklas Suele dan bek #23 Nico Schlotterbeck dan (Bawah, Kiri) gelandang #06 Joshua Kimmich, penyerang #10 Serge Gnabry, gelandang #14 Jamal Musiala, penyerang #13 Thomas Mueller dan gelandang #21 Ilkay Gundogan menutupi mulut mereka saat berpose untuk foto tim menjelang pertandingan sepak bola Grup E Piala Dunia Qatar 2022 antara Jerman dan Jepang di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 23 November 2022. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kekalahan Jerman dari Jepang membuat peluangnya lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Qatar semakin sulit.

Jerman menderita kekalahan mengejutkan 2-1 dari Jepang dalam pertandingan pembukaan Grup E Piala Dunia 2022, pada hari Rabu.

Kemudian, Spanyol mencatatkan kemenangan terbesarnya di Piala Dunia, setelah pertandingan melawan Kosta Rika berakhir 7-0 untuk kemenangan La Furia Roja.

Baca juga: CERITA Anak Indonesia yang Digandeng Ronaldo di Piala Dunia 2022, Asalnya dari Jawa Tengah!

Baca juga: INTER MILAN: Inilah yang Ditakutkan Nerazzurri soal Alessandro Bastoni

Ferran Torres mencetak dua gol sementara Dani Olmo, Alvaro Morata, Marco Asensio, Carlos Soler dan Gavi juga masuk dalam daftar pencetak gol Spanyol.

Kemenangan besar-besaran Spanyol ditambah dengan kekalahan dari Jepang membuat peluang Jerman lolos dari Grup E ke sistem gugur atau Babak 16 Besar semakin sulit.

Aksi tutup mulut timnas Jerman pada sesi foto tim jelang laga kontra Jepang pada partai pembuka Grup E Piala Dunia 2022  di Khalifa International Stadium, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB.
Aksi tutup mulut timnas Jerman pada sesi foto tim jelang laga kontra Jepang pada partai pembuka Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (www.twitter.com/DFB_Team_EN)

Lalu apa saja syarat yang harus dipenuhi Jerman agar dapat memastikan lolos ke babak sistem gugur atau Babak 16 Besar Piala Dunia 2022?

Jerman selanjutnya menghadapi Spanyol pada 28 November dan kemudian menghadapi Kosta Rika pada 2 Desember

Jerman harus memenangkan kedua pertandingan ini untuk memberikan dirinya peluang terbaik untuk lolos.

Baca juga: Inggris 0-0 Amerika Serikat: Ini Syarat The Three Lions Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Baca juga: AC MILAN: Paolo Maldini! Simak Kata Pelatih Hungaria tentang Dominik Szoboszlai

Dua kemenangan akan membuatnya menjadi enam poin, yang bisa memastikan posisi teratas tergantung pada hasil lainnya.

Tetapi ada skenario potensial di mana tiga tim dari Grup E berakhir dengan enam poin, yang akan membuat salah satu tim kehilangan tempat sistem gugur berdasarkan selisih gol.

Ini berarti Jerman perlu mengungguli Spanyol dan Kosta Rika untuk meningkatkan peluangnya lolos.

Jika Jerman gagal memenangkan salah satu dari dua pertandingan berikutnya, perkembangannya akan menjadi lebih sulit.

Hasil imbang dan kemenangan akan menyisakan empat poin, yang berarti perlu hasil lain dari grup untuk menguntungkannya.

Jika Jerman finis kedua, itu akan membuat jalan ke depan lebih sulit daripada yang diinginkan karena mengejar gelar Piala Dunia kelima.

Kalah dari Spanyol atau Kosta Rika hampir akan mengakhiri harapan Jerman untuk mencapai babak sistem gugur untuk Piala Dunia edisi kedua berturut-turut.

Baca juga: FAKTA-FAKTA Wonderkid Jude Bellingham: Anak Polisi Inggris, Main di Piala Dunia 2022, Segini Gajinya

Baca juga: Jerman 1-2 Jepang, Thomas Muller: Sungguh Menggelikan Kami Kalah di Sini

Ada satu skenario di mana Jerman bisa lolos meski kalah satu pertandingan lagi di babak penyisihan grup, tapi yang ini datang dengan syarat.

Jika Jerman kalah satu pertandingan lagi, mereka harus memenangkan pertandingan lainnya dan berharap salah satu dari Spanyol, Kosta Rika, dan Jepang memenangkan semua pertandingannya di grup dan tidak ada pertandingan yang seri.

Jika skenario ini berhasil, itu akan menempatkan puncak grup dengan sembilan poin dan sisanya di tiga poin, di mana, sekali lagi, selisih gol akan ikut bermain.

Setelah membantai Kosta Rika, selisih gol Spanyol meroket dan akan terbukti penting dalam kualifikasinya sementara juga membuat kualifikasi Jerman semakin sulit.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    2
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved