Berita Internasional

Sejarah 13 Tahun Terulang, Jeddah Kembali Diterjang Banjir Besar, Sekolah hingga Bandara Ditutup

Setelah diguyur hujan beberapa hari, Kota Jeddah, Arab Saudi barat mengalami banjir hingga menewaskan dua orang, Kamis (24/11/2022). Akibat banjir

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Joko Widiyarso
Twitter
POTRET Banjir di Jeddah direkam oleh seorang warga yang terjebak di rumah, Kamis (24/11/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah diguyur hujan beberapa hari, Kota Jeddah, Arab Saudi barat mengalami banjir hingga menewaskan dua orang, Kamis (24/11/2022).

Akibat banjir yang menggenangi jalanan hingga rumah, membuat Sekolah Negeri, Swasta hingga Bandara Internasional di Jeddah, Rabigh dan Khulais ditutup.

Hujan deras melanda Jeddah selama hampir enam jam sejak pukul 08.00 pagi waktu setempat membuat kehidupan di kota terhenti.

Hujan diperkirakan terjadi di seluruh wilayah Mekkah, Saudi Press Agency (SPA).


"Dua kematian telah dicatat sejauh ini, dan kami meminta semua orang untuk tidak keluar kecuali jika diperlukan," kata pemerintah daerah Mekkah melalui cuitan Twitter, Jumat (25/11/2022).

Di Provinsi Makkah, terdapat dua kota yang terkenal yakni Kota Jeddah dan Kota Mekkah. Kedua kota ini memiliki jalan utama yang biasanya dilalui oleh banyak jemaah untuk mencapai Masjidil Haram.

Pada Kamis kemarin, jalan yang menghubungkan Kota Mekkah dan Kota Jeddah ini sempat ditutup saat hujan mulai turun. Meski demikian, jalan yang menghubungkan kedua kota tersebut kemudian dibuka kembali.

Banjir 2009 terulang di bulan November

Dihimpun dari laman Kompas.con, hujan deras dan banjir yang menghambat aktifitas di Jedda ini bukan pertama kalinya. Bisa dibilang banjir yang menerjang Jeddah pada Kamis (24/11/2022) ini kembali membawa kenangan pahit dari banjir dahsyat yang melanda Jeddah pada 25 November 2009.

Kala itu, sedikitnya ada 122 orang tewas dan sekitar 3.000 kendaraan hanyut atau rusak akibat banjir, yang merupakan yang terparah yang melanda kota tersebut dalam 27 tahun.

Banyak Warga terjebak di rumah

Sejarah 13 Tahun Lalu Terulang, Jeddah Kembali Diterjang Banjir Besar
Sejarah 13 Tahun Lalu Terulang, Jeddah Kembali Diterjang Banjir Besar (Twitter)

Sebagian besar warga terpaksa tinggal di dalam rumah lantaran mereka melihat ketinggian air terus meningkat di luar rumah mereka sementara sebagian besar jalan tetap tergenang air.

Warganet di Twitter dan Instagram untuk berbagi gambar dan klip video dari kondisi cuaca ekstrem dan pemandangan kendaraan yang hanyut.

Sekolah dan universitas ditutup di Kegubernuran Jeddah, Rabigh dan Khulais menyusul pengumuman Direktorat Pendidikan Jeddah pada Rabu malam untuk mengantisipasi cuaca badai.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved