Breaking News:

Berita Sleman Hari Ini

Hujan Angin di Sleman: Pohon Beringin Jumbo di Seyegan Sleman Tumbang Timpa Garasi hingga Rusak

Hujan deras disertai angin kencang, pada Jumat (18/11/2022) malam, menyebabkan pohon beringin di Padukuhan Barak 2, RT2/RW16 Margoluwih, Seyegan

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Petugas TRC BPBD Sleman bersama sejumlah relawan dan pemerintah Kalurahan, memotong pohon beringin di Padukuhan Barak 2, RT2/RW16 Margoluwih, Seyegan, Kabupaten Sleman, yang tumbang setelah diguyur hujan deras disertai angin kencang. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Hujan deras disertai angin kencang, pada Jumat (18/11/2022) malam, menyebabkan pohon beringin di Padukuhan Barak 2, RT2/RW16 Margoluwih, Seyegan, Kabupaten Sleman tumbang. Pohon dengan diameter lebih dari satu meter itu, tumbang menimpa garasi rumah dan dua mobil. 

"Kerusakannya garasi ukuran 10x6 meter roboh," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Bambang Kuntoro, Sabtu (19/11/2022). 

Garasi tersebut terbuat dari galvalum. Setelah tertimpa batang pohon kondisinya rusak parah.

Baca juga: SD Negeri Jongkang di Sleman Gelar Pameran Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Tim TRC BPBD Sleman, bersama Seyegan rescue, relawan dan Pemerintah Kalurahan setempat telah melakukan upaya pembersihan dengan memotong batang pohon yang tumbang. 

Bambang mengungkapkan, selain di Seyegan, dampak hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan pohon beringin diameter 60 cm di Sumber Kulon tumbang menimpa jembatan tepus.

Batang pohon sempat menutup akses jalan Berbah-Kalasan namun saat ini telah terkondisi. 

Selanjutnya di wilayah Prambanan, hujan deras dengan intensitas lama mengakibatkan talut setinggi 4 meter longsor di Padukuhan Ngrotorejo, tepatnya di RT 06 RW 40, Kalurahan Madurejo. 

Baca juga: SD Negeri Jongkang di Sleman Gelar Pameran Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila

"Talut yang longsor mengancam rumah warga," kata dia. 

Terpisah, Koordinator Forum Pengurangan Risiko Bencana, Bandung Bondowoso wilayah Prambanan, Prawoto atau biasa disapa Brewok mengungkapkan, material talut yang longsor di Kalurahan Madurejo, saat ini sudah dievakuasi.

"Sudah terkondisi," tuturnya. (rif)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved