Berita Bantul Hari Ini

Diskominfo Bantul Menambah Enam Titik Wifi Publik Baru untuk KIM di Akhir Tahun ini

Enam titik tersebut yakni di Kauman, Kalurahan Wijirejo Kapanewon Pandak; Gunungkelir RT. 07, Kapanewon Pleret; Glagah Kidul RT 03, Kalurahan Tamanan,

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat membuat pemerintah  fokus terhadap pembangunan wilayah.

Salah satunya adalah dengan membangun Wifi publik.

Kabid Infrastruktur Teknologi Informasi, Keamanan Informasi dan Persandian, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul, Kawuniningrum, menyatakan Kabupaten Bantul di akhir tahun ini kembali membangun enam titik Wifi Publik.

Baca juga: Restorasi Yamaha RX-K, Nostalgia Motor Kencang Era 80-an

Enam titik tersebut yakni di Kauman, Kalurahan Wijirejo Kapanewon Pandak; Gunungkelir RT. 07, Kapanewon Pleret; Glagah Kidul RT 03, Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan; Kembaran RT. 07, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan; Bergan, Kalurahan Wijirejo, Kapanewon Pandak dan Dagan, Sidomulyo, Kapaenwon Bambanglipuro.

Ia menjelaskan, belum lama ini pihaknya melaksanakan koordinasi dengan pemerintah kalurahan dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk kelancaran pembangunan.

“Wi-Fi yang akan dibangun prinsipnya adalah untuk layanan publik. Lokasi yang disiapkan sebaiknya adalah area publik atau fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang,” ujarnya Sabtu (19/11/2022).

Adapun bila Wi-Fi terpaksa dipasang di area tempat ibadah atau fasilitas milik pribadi maka harus dilengkapi dengan surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani ketua KIM dan diketahui Lurah setempat. 

Baca juga: Warga Dengar Suara Gemuruh Seperti Mesin Mobil Sebelum Longsor di Semin Gunungkidul

Lebih lanjut dijelaskannya, tinggi tiang tower yang akan dibangun berkisar antara 16 m – 28 m dan dipasang spanner atau kawat pancang.  Diharapkan ruang publik dengan tiang jaraknya tidak terlalu jauh agar koneksi internetnya optimal.

Setelah Wifi publik terbangun, nantinya Ketua KIM bertanggung jawab terhadap pengelolaan fasilitas tersebut dan menjaga jangan sampai hilang.

“Selain itu koneksi internet 24 jam tidak boleh dimatikan,” tandasnya.

Adapun hingga saat ini sudah ada 45 IKM yang tersebar di Kabupaten Bantul telah terfasilitasi Wi-Fi. Melalui fasilitas Wifi publik bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ini diharapkan turut mampu menggerakkan roda perekonomian. (nto)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved