Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Pengangguran di DIY Sentuh 4,06 Persen Per Agustus 2022

Meski angka pengangguran ini masih di bawah rata-rata nasional sebesar 5,86 persen, harapannya angka tersebut bisa turun pada semester kedua nanti.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
Tangkapan layar
Para narasumber memberikan pemaparan materi dalam webinar penguatan hospitality pelaku pariwisata DIY, Rabu (16/11/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Angka pengangguran pada semester pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2022 ini masih tinggi. 

Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mencatat hingga Agustus 2022 lalu, angka pengangguran di DIY sebesar 4,06 persen.

"Angka pengangguran DIY memang turun 0,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu 4,65 persen," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (disnakertrans) DIY, Aria Nugrahadi dalam webinar Penguatan Kapasitas Hospitality Pelaku Pariwisata DIY, Rabu (16/11/2022) sore.

Meski angka pengangguran ini masih di bawah rata-rata nasional sebesar 5,86 persen, Aria berharap angka tersebut bisa turun pada semester kedua nanti. 

Terlebih lagi beberapa waktu kedepan diperkirakan terjadi resesi ekonomi.

Karenanya sektor pariwisata dan pendidikan di DIY diharapkan benar-benar bisa segera pulih. 

Baca juga: Tingkat Pengangguran Terbuka DIY Tahun 2022 Turun Tipis Jadi 4,06 Persen

Sebab menggeliatnya dua sektor jasa tersebut akan meningkatkan keterserapan tenaga kerja.

"Pada kuartal ketiga 2022 ini menunjukan bahwa mulai bergeliatnya sektor wisata dan pendidikan tentu saja beberapa mulai terjadi peningkatan di sektor jasa yang melibatkan tenaga kerja," ungkapnya.

Untuk mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka meminimalisasi pengangguran, lanjut Aria, maka pengembangan softskill harus segera dilakukan. 

Salah satunya dengan mengenalkan anak-anak dengan dunia kerja.

Pemerataan distribusi SDM pun juga dibutuhkan di kabupaten. 

Sebab selama ini distribusi SDM lebih banyak di Kota Yogyakarta.

"Padahal di sisi lain kita melihat destinasi wisata, kebutuhan SDM-nya yang ada di kabupaten juga tinggi sehingga perlu kita kembangkan," ungkapnya.

Sementara Direktur Pemasaran Pariwisata Badan Otorita Borobudur (BOB), Agus Rochiyardi mengungkapkan DIY memiliki potensi besar untuk terus dapat mendongkrak kunjungan wisatawan, tak hanya secara kuantitas namun juga kualitas wisatawan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved