Berita Kulon Progo Hari Ini

Sosialisasi Pembangunan Tol Yogyakarta-YIA Dimulai dari Kulon Progo, Ini Kata Pj Bupati

Tahapan sosialisasi pembangunan jalan tol Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) sepanjang 38,75 kilometer terus berlanjut. 

Tribun Jogja/Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Pj Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Tahapan sosialisasi pembangunan jalan tol Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) sepanjang 38,75 kilometer terus berlanjut. 

Adapun sosialisasi lanjutan bakal difokuskan dari Kulon Progo. Rencananya, sosialisasi bakal dilaksanakan pada 21-30 November 2022.

Penjabat (Pj) Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana mengatakan pada sosialisasi tersebut, pemilik lahan yang terdampak pembangunan jalan tol akan dihadirkan. 

Baca juga: Sebanyak 2.072 Pekerja Padat Karya di Kota Magelang Terima UPK

Nantinya, sosialisasi bisa dilakukan di balai kalurahan ataupun kapanewon masing-masing. 

Mereka akan dijelaskan setiap tahapan pembangunannya. 

"Ini kan baru tahap (sosialisasi) baru paling awal. Kita jelaskan dulu trasenya. Kemudian misalnya ada sebidang tanah yang luasnya 1.000 meter mungkin tidak terkena semuanya paling cuma sekian meter, sisanya seperti apa. Ada juga mungkin yang punya tanah sedikit, tidak bisa digunakan untuk apa kita cari jalan keluarnya seperti apa," kata Tri saat dihubungi, Kamis (10/11/2022). 

Penjelasan sekaligus terkait ganti untung yang bakal diterima oleh pemilik lahan.

"Harga tanahnya kita asesmen bareng-bareng. Kalau ada bangunan, nilai bangunan yang ada di atasnya. Serta perkiraan-perkiraan non fisiknya, kerugiannya apa kita berikan penjelasan," terang Tri.

Pihaknya juga akan mengambil jalan tengah jika ditemukan masyarakat yang kontra terhadap pembangunan jalan tol tersebut.

Hal ini berkaca dari pembangunan YIA beberapa tahun lalu. 

"Tentu dari sekian ratus atau ribu persil, pastinya ada yang tidak mulus. Kita dialogkan bagaimana keinginan mereka. Cari jalan tengahnya seperti apa. Win win solutionnya seperti apa, pasti ada jalannya," ucapnya.

Baca juga: BPBD Sleman Taksir Nilai Kerusakan Capai Rp 356 Juta Selama 9 Hari Dilanda Bencana

Diberitakan sebelumnya, sosialisasi pembangunan jalan tol trase Yogyakarta-YIA juga pernah dilakukan untuk perangkat daerah setempat pada 17 Oktober lalu. 

Adapun, sosialisasi mendatang bakal dilakukan oleh tim persiapan yang terdiri dari unsur Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan perwakilan dari pemerintah pusat. 

Di Kulon Progo, jalan bebas hambatan itu akan melewati enam kapanewon dan 18 kalurahan. Serta dilengkapi tiga exit tol yang terdapat di Sentolo, Wates dan Temon. (scp) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved