Berita Jogja Hari Ini

Maskapai Penerbangan Dari Malaysia dan Thailand Bakal Segera Hadir di YIA

Maskapai penerbangan Malaysia Airlines dari Malaysia dan Thai Smile Air dari Thailand dijadwalkan akan hadir di YIA.

TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani Putri Purwaningsih
DOKUMENTASI YIA 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Maskapai penerbangan Malaysia Airlines dari Malaysia dan Thai Smile Air dari Thailand dijadwalkan akan hadir di YIA.

Bertambahnya penerbangan langsung dari luar negeri ke YIA diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. 

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan dia maskapai penerbangan tersebut bakal mendarat dalam waktu dekat.

Baca juga: Puluhan Warga Wonoboyo Klaten Terima Uang Ganti Rugi Tol Yogyakarta-Solo Rp 33,4 Miliar

Harapannya pertengahan Desember atau paling tidak akhir tahun 2022 ini sudah bisa terealisasi. 

Dua maskapai tersebut bakal menambah maskapai penerbangan luar negeri yang sebelumnya sudah masuk YIA, yaitu Scoot Airlines dari Singapura dan AirAsia dari Malaysia.

"Harapan kemarin awalnya pertengahan November, tapi kemarin soundingnya di pertengahan Desember atau akhir tahun. Yang sudah adakan Malaysia dan Singapura," katanya, Selasa (01/11/2022). 

Dengan penambahan penerbangan langsung, Singgih berharap dapat mempermudah aksesibilitas wismanwisman. Ia menyebut hingga saat ini tren kunjungan wisman ke DIY masih terbilang tinggi, mulai dari Malaysia, Singapura, dan negara Eropa. 

Pandemi COVID-19 membuat pola kunjungan wisatawan berubah, sebab wisatawan beralih menggunakan penerbangan langsung.

Untuk itu, penerbangan langsung ke YIA memang perlu ditambah, apalagi Thailand juga menjadi hub wisman berbagai negara. 

"Era pandemi, mereka memilih transportasi yang direct tanpa harus berlama-lama dengan transit beberapa kali, risiko dan makan biaya pastinya. Dengan adanya penerbangan langsung tentu akan mempermudah akses wisatawan," terangnya. 

Terpisah, Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengungkapkan penerbangan internasional di YIA memang masih terbatas.

Penjajakan dengan maskapai internasional pun mulai dilakukan lagi. 

Baca juga: Mulai 1 November 2022, Sejumlah Ruas Jalan Kota Wonosari Jadi Satu Arah Secara Permanen

"Turki Airlines sangat berminat terbang ke Yogyakarta, saat ini tahap penjajakan. Untuk yang sangat dekat Malaysia Airlines dari Kuala Lumpur dan satu lagi dari Thailand, Thai Smile Air segera masuk YIA,” ungkapnya. 

Untuk memaksimalkan YIA dan mendongkrak kunjungan wisman, aksesibilitas, konektivitas menjadi hal yang penting.

Menurutnya perlu dukungan industri wisata untuk membuat daya tarik wisata agar penerbangan internasional tertarik masuk ke YIA

“Daya tarik perlu didorong bersama, perlu kombinasi pelaku wisata lain. Bandara bagus saja tidak cukup, perlu juga destinasi wisata ditata dengan baik. Diskusi dengan Airline juga konsen mereka aksesibilitas, konektivitas,” imbuhnya. (maw) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved