Berita Bantul Hari Ini

Sekolah Sungai Siluk Ajari Anak Mecintai Lingkungan Melalui Pameran Seni Lukis  

Sekolah Sungai Siluk di Kalurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Bantul mengadakan Pameran Sewu Lukisan #4 pada tanggal 29 Oktober – 5 November 2022.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Anak-anak dari Sekolah Sungai Siluk melukis bersama dalam pembukaan Pameran Sewu Lukisan #4 , Sabtu (29/10/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM - Sekolah Sungai Siluk di Kalurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Bantul mengadakan Pameran Sewu Lukisan #4 pada tanggal 29 Oktober – 5 November 2022. 

Tak hanya memamerkan karya anak-anak, dalam Pameran Sewu Lukisan #4 juga diramaikan kegiatan melukis bersama dan dipentaskan berbagai tarian anak-anak dari kelas tari yang diselenggarakan secara rutin di Sekolah Sungai Siluk .

Kuwat selaku pendiri Sekolah Sungai Siluk menyatakan pameran kali ini sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak karena selama pandemi acara ini terpaksa ditiadakan.

Kuwat berharap pameran ini bisa membangkitkan semangat anak-anak dan warga sekitar untuk terus berkarya dan membangkitkan perekonomian UMKM sekitar wilayah Siluk dan Selopamioro pada umumnya.

“Dari Pameran Sewu Lukisan #4 ini kita bersama-sama dapat menyaksikan bagaimana karya seni yang natural dan kultural dari anak-anak Sekolah Sungai Siluk , guru, seniman, dan warga sekitar bersinergi dalam kolaborasi bersama,” ungkapnya saat pembukaan pameran Sabtu (29/10/2022).  

Baca juga: Eduwisata Sekolah Sungai Siluk Mendapat Skuter Listrik dari Bantuan TJSL PLN

Kuwat menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan seni dan budaya kepada anak-anak sejak dini.

Dan Sekolah Sungai Siluk yang berdiri sejak tahun 2015 ini telah memfasilitasi anak-anak melalui kelas melukis, tari,  keterampilan dan bimbingan belajar.
 
“Untuk pameran ini, rata-rata karya mereka bertema lingkungan. Kami ingin memotivasi anak-anak untuk lebih mencintai lingkungan lewat media lukis,” imbuhnya.

Pameran Sewu Lukisan kali ini lebih istimewa dengan kehadiran Djoko Pekik , seorang maestro seni rupa di Indonesia.

Djoko Pekik pun turut membawa dua karya lukisannya untuk dipamerkan bersama 700-an karya gambar anak hasil dari proses belajar selama satu tahun terakhir dengan media kertas dan kanvas.

“Kami ingin memperkenalkan maestro seni rupa Indonesia ke anak-anak, agar mereka dapat termotivasi dan lebih semangat berkarya. Dan Djoko Pekik dapat menganggap anak-anak di Sekolah Sungai Siluk ini sebagai cucunya,” katanya. 

Adapun Sekolah Sungai Siluk merupakan satu di antara mitra penerima manfaat dari Program PLN Peduli sejak tahun 2018.

Manajer PLN UP3 Yogyakarta, Ahmad Samsuri yang turut hadir dalam pameran tersebut mengapresiasi Sekolah Sungai Siluk yang terus berkembang setelah menerima manfaat Program PLN Peduli.  

“Saya bangga dengan dukungan semua pihak Sekolah Sungai Siluk dapat menjadi tempat pembelajaran lingkungan dan sosial, dan kali ini dapat mendatangkan para tokoh-tokoh seni besar, seperti Hanung Bramantyo dan DJoko Pekik,” ujarnya.

Ia berharap ke depan PLN dapat terus berkontribusi untuk pengembangan Sekolah Sungai Siluk dan semakin banyak anak-anak yang mencintai seni budaya, sekaligus mencintai lingkungan.  

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved