Pilpres 2024

Survei Pilpres 2024: Inilah Mayoritas Pemilih Ganjar Pranowo Sebagai Capres

Berdasarkan survei tersebut, pemilih Ganjar Pranowo dari kalangan muda adalah 60 persen suara gen Z.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
kolase/dok Tribunnews.com
Jika Maju Pilpres, Prabowo, Anies, Ganjar, Siapa Menang? Ini Peta Elektabilitas 5 Lembaga Survei 

TRIBUNJOGJA.COM - Kalangan muda cenderung memilih Ganjar Pranowo sebagai capres yang maju di Pilpres 2024. Hal itu terungkap berdasarkan hasil survei Pilpres 2024 dari Litbang Kompas yang dirilis pada Rabu 26 Oktober 2022. 

Berdasarkan survei tersebut, pemilih Ganjar Pranowo dari kalangan muda adalah 60 persen suara gen Z. Tingkat keterpilihan Ganjar Pranowo di kalangan muda bahkan mencapai 28,1 persen.

Dengan demikian, Ganjar Pranowo disebut menjadi figur yang cocok sebagai Capres 2024 dan paling banyak dipilih oleh generasi centennial atau gen Z, laporan kompas.com dikutip Tribun Jogja hari ini.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat jumpa pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (24/10/2022). Kehadiran Ganjar diketahui untuk memenuhi panggilan Bidang Kehormatan DPP PDI-P untuk klarifikasi atas pernyataannya yang siap maju sebagai capres.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat jumpa pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (24/10/2022). Kehadiran Ganjar diketahui untuk memenuhi panggilan Bidang Kehormatan DPP PDI-P untuk klarifikasi atas pernyataannya yang siap maju sebagai capres. (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Angka keterpilihan Ganjar Pranowo sebesar 28,1 persen disebut bahkan naik sekitar 5 persen pada tiap periode survei.

Elektabilitas Ganjar di kalangan pemilih muda pada survei Juni 2022 sebesar 23,1 persen, lalu pada Januari 2022 sebanyak 18,2 persen.

Kelayakan Ganjar menjadi capres di mata gen Z juga lebih tinggi dibandingkan dengan elektabilitas yang dihitung lintas generasi.

Secara umum, elektabilitas politisi PDI Perjuangan itu mencapai 23,2 persen.

Mengalirnya suara gen Z ke Ganjar berhasil menempatkannya pada posisi puncak tokoh dengan elektabilitas tertinggi sebagai capres, menggeser sosok Prabowo Subianto ke urutan kedua.

Menurut survei, gen Z yang mendukung Ketua Umum Partai Gerindra itu sebagai capres sebesar 16,6 persen.

Capaian tersebut turun 12,3 persen dibandingkan tiga bulan lalu.

Bahkan, jika dibandingkan dengan elektabilitas pada awal tahun, Prabowo kehilangan setidaknya separuh suara gen Z dari yang sebelumnya memilih dia.

Pada Januari 2022, angka keterpilihan Prabowo di kalangan gen Z mencapai 31,4 persen.

Sementara, dihitung lintas generasi, elektabilitas Menteri Pertahanan itu sebesar 17,6 persen.

Survei juga mencatat, banyak gen Z yang mendukung Anies Baswedan sebagai capres. Elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta itu di kalangan generasi ini mencapai 13,3 persen atau naik 3,4 persen dari periode survei sebelumnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved