Pilpres 2024

Mencari Pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024, Ini Usulan Partai Demokrat, PKS dan Nasdem

Satu di antaranya adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang sedang diusulkan Demokrat agar bisa menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan. 

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/5/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM - Anies Baswedan akan diusung oleh Partai Nasdem, Demokrat dan PKS sebagai Capres di Pilpres 2024. Siapa sosok bakal calon Cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan, masih dalam pembahasan tim kecil dari tiga parpol yang sedang membangun koalisi tersebut. 

Meski belum tercapai kesepakatan siapa bakal cawapres pendamping Anies Baswedan, Demokrat, PKS dan Nasdem telah mengantongi figur yang diusulkan. 

Satu di antaranya adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang sedang diusulkan Demokrat agar bisa menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan

Usulan nama AHY tersebut akhirnya muncul ketika Demokrat dan PKS serta Nasdem dalam tim kecil bertemu di rumah Anies Baswedan untuk membahas sosok bakal cawapres, Selasa (25/10/2022) siang.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya. Menurutnya, Partai Demokrat meminta kepada Anies Baswedan untuk mempertimbangkan AHY menjadi calon wakil presiden.

Menurut Willy, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny K Harman yang meminta Anies agar mempertimbangkan AHY.

"Ya Demokrat Pak Benny K Harman yang menyampaikan," ujar Willy saat dihubungi, Selasa (25/10/2022).

Ia menjelaskan kenapa bukan AHY sendiri yang meminta kepada Anies Baswedan, padahal hadir dalam pertemuan tersebut.

Pasalnya, AHY telat datang ke acara makan siang itu. AHY disebut Willy baru datang 15 menit sebelum pertemuan tim kecil berakhir.

"Sekjennya lagi enggak bisa datang, maka mungkin ketum (AHY) yang langsung hadir," ucapnya.

Willy membeberkan AHY akan bertemu dengan Ketum Nasdem Surya Paloh besok. Hanya, dia belum membeberkan kapan dan lokasi pasti dari pertemuan AHY dan Surya Paloh.

"Pertemuannya om dan ponakan saja. Ngobrol-ngobrol saja," imbuh Willy.

Usulan pendamping Anies

Sebagaimana telah disebut, Partai Demokrat mengusulkan agar AHY menjadi cawapres untuk mendampingi Anies di Pilpres 2024.

Sementara, PKS menginginkan mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang menjadi cawapres.

Untuk Nasdem, mereka tidak ingin cawapres Anies berasal dari kader partai politik.

()

Artikel tayang di https://nasional.kompas.com/read/2022/10/25/nasdem-ungkap-demokrat-minta-anies-pertimbangkan-ahy-jadi-cawapres

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved