Liga Champions

Dortmund vs Man City: Pujian Pep Guardiola untuk Jude Bellingham Jelang Liga Champions Malam Ini

Pep Guardiola memuji gelandang Borussia Dortmund Jude Bellingham menjelang pertandingan Liga Champions, Rabu (26/10/2022) dinihari WIB.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Joko Widiyarso
Marcel Engelbrecht / augenklick/firo Sportphoto / dpa Picture-Alliance via AFP
Jude Bellingham vs Joshua Kimmich di Bundesliga Jerman Bayern Munchen vs Borussia Dortmund 

TRIBUNJOGJA.COM - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, memuji gelandang Borussia Dortmund Jude Bellingham menjelang pertandingan Liga Champions, Rabu (26/10/2022) dinihari WIB.

Pemain berusia 19 tahun itu telah meningkatkan permainannya ke level baru sejak bergabung dengan BVB dari klub masa kecilnya, Birmingham City, pada 2020 silam, dan telah mencatatkan 18 gol dan 20 assist dalam 107 penampilan di semua kompetisi.

Memang, penampilan Jude Bellingham di depan gawang telah meningkat pada musim ini, dengan catatan pemain Timnas Inggris itu mencetak delapan gol dalam 17 pertandingan sejauh musim ini, termasuk empat gol dalam empat pertandingan Grup G Liga Champions pertamanya.

Pemain yang masuk nominasi Golden Boy itu juga telah memantapkan dirinya sebagai pemimpin di kubu Dortmund, menjadi kapten tim utama di Bundesliga dan Liga Champions musim ini.

Jude Bellingham vs Florian Flick di Bundesliga antara Borussia Dortmund vs Schalke 04 di Signal Iduna Park pada 17 September 2022 di Dortmund, Jerman.
Jude Bellingham vs Florian Flick di Bundesliga antara Borussia Dortmund vs Schalke 04 di Signal Iduna Park pada 17 September 2022 di Dortmund, Jerman. (Dean Mouhtaropoulos / GETTY IMAGES EROPA / Getty Images via AFP)

Jude Bellingham kini menjadi salah satu gelandang paling diincar di Eropa ketika jendela transfer dibuka kembali tahun depan, dengan Manchester City diduga akan bersaing dengan Manchester United, Liverpool dan Chelsea serta raksasa Spanyol Real Madrid untuk mendapatkan tandatangannya.

Menjelang pertandingan Liga Champions City di Westfalenstadion pada hari Rabu (26/10/2022) dinihari, Pep Guardiola telah berbicara tentang kualitas Bellingham dan dia percaya bahwa pemain Inggris itu membuat keputusan yang tepat untuk bergabung dengan Dortmund, di mana dia bermain secara reguler di tim utama.

“Saya pikir Dortmund adalah tempat yang sempurna bagi para pemain muda berbakat untuk datang,” kata Guardiola kepada wartawan pada konferensi pers pada Senin malam.

“Mungkin jika Bellingham pergi ke tim papan atas Liga Inggris, dia tidak akan mendapatkan menit bermain. Cara terbaik bagi pemain muda untuk menjadi lebih baik adalah menit bermain,” ujar Guardiola memuji Bellingham.

“Pada usia 17 dia tiba, ini bukan hanya tentang kualitasnya, dia memiliki mentalitas istimewa. Dia sudah menjadi salah satu kapten tim, dan itu terjadi pada usia 19 tahun, cukup mengesankan,” lanjut Guardiola.

Jude Bellingham vs Adam Szalai di UEFA Nations League antara Inggris vs Hongaria di Molineux pada 14 Juni 2022 di Wolverhampton, Inggris.
Jude Bellingham vs Adam Szalai di UEFA Nations League antara Inggris vs Hongaria di Molineux pada 14 Juni 2022 di Wolverhampton, Inggris. (Shaun Botterill / GETTY IMAGES EROPA / Getty Images via AFP)

"Ini bukan hanya tentang gol, kemampuannya secara keseluruhan juga sangat bagus. Dia sudah bermain untuk Timnas Inggris pada usia 19 tahun. Kami tahu kualitas yang dia miliki," tutup pelatih asal Spanyol tersebut.

Jude Bellingham, yang terikat kontrak di BVB hingga Juni 2025, sedang dalam performa bagus setelah mencetak dua gol dalam kemenangan kandang 5-0 Bundesliga atas Stuttgart akhir pekan lalu.

Gelandang itu juga menunjukkan kualitasnya dalam pertandingan melawan City bulan lalu, mencetak gol pembuka dalam kekalahan 2-1 di Stadion Etihad.

Gol dari John Stones dan mantan striker Dortmund, Erling Haaland akhirnya membantu membalikkan keadaan bagi The Citizens di 10 menit terakhir.

City, yang telah lolos ke babak 16 besar, saat ini duduk di puncak Grup G, unggul tiga poin dari Dortmund di tempat kedua, dan hanya perlu bermain imbang melawan tim Jerman untuk mengamankan posisi teratas.

The Citizens telah memenangkan masing-masing dari tiga pertemuan terakhir mereka dengan Dortmund dengan skor 2-1, termasuk perjalanan terakhir mereka ke Westfalenstadion pada April 2021 yang membuat Riyad Mahrez dan Phil Foden masuk dalam daftar pencetak gol untuk membantu mereka maju ke semifinal Liga Champions.

(MG Alvin Fahrizal Bayyuni)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persib
    21
    14
    3
    4
    37
    25
    10
    45
    2
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    3
    PSM Makasar
    22
    12
    8
    2
    39
    8
    22
    44
    4
    Madura United
    23
    11
    4
    8
    29
    14
    5
    37
    5
    Borneo
    21
    10
    6
    5
    38
    18
    15
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved