Musik Zone

Produseri Album Campursari Nusantara Vol 1, Ndarboy Wujudkan Cita-cita Almarhum Didi Kempot

Album Campursari Nusantara Vol.1 itu dulunya merupakan gagasan almarhum Didi Kempot bersama sahabatnya, Connie Nurlita.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Penyanyi dangdut, Connie Nurlita yang berkolaborasi dengan Ndarboy dalam album Campursari Nusantara Vol 1. 

TRIBUNJOGJA.COM - Penyanyi dangdut Helarius Daru Indrajaya atau biasa dikenal dengan nama Ndarboy, baru-baru ini mengeluarkan terobosan baru dalam berkarya.

Ndarboy merilis album Campursari Nusantara Vol.1 yang diproduseri olehnya sendiri.

Diceritakan oleh Ndarboy, album Campursari Nusantara Vol.1 itu dulunya merupakan gagasan almarhum Didi Kempot bersama sahabatnya, Connie Nurlita.

Seiring waktu berjalan, pihak Lima Bintang Record, label yang menaungi Connie Nurlita lantas menunjuk Ndarboy untuk memproduseri album ini agar selesai.

Baca juga: Ndarboy Gandeng Gitaris Dewa Budjana Rilis Lagu Kudu Nangis

"Proyek ini sebenarnya sudah sempat terealisasi, baru setengah jalan, dan belum tuntas diselesaikan. Nantinya Campursari Nusantara Vol.1 berisi lagu-lagu dari berbagai daerah dengan bahasa daerahnya masing-masing melalui aransemen musik campursari. Jadi faktor pembedanya, tidak hanya bahasa Jawa saja," ujar Ndarboy .

Album Campursari Nusantara Vol.1 ini akan ditandai dengan perilisan lagu pertama, berjudul 'Ayang-Ayangmu' yang dinyanyikan oleh Connie Nurlita.

Lagu yang diciptakan oleh mendiang Didi kempot dan Michael Christian itu memang sudah sempat dirilis sebelumnya oleh Nagaswara, kemudian kini lebih menonjolkan aransemen campursari khas Didi Kempot.

"Karena tujuan album Campursari Nusantara ini untuk lebih mengenalkan lagu-lagu dengan bahasa daerah itu nggak cuma berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, tapi ada juga dari Sumatera, dan lain-lain. Faktor penguatnya, tentu saja kami kemas dengan musik khas ala Didi Kempot, dengan menggandeng Triyanto alias Titret, arranger asal Sragen andalan almarhum Didi Kempot untuk mempermanis semua aransemennya," kata Ndarboy .

Menurut Ndarboy , nantinya di album Campursari Nusantara Vol.1 akan berisi 10 lagu dan semuanya dinyanyikan oleh Connie Nurlita .

Dua di antaranya adalah ciptaan Ndarboy, yakni 'Melawan Sepi' dan 'Tak Bisa Ku Miliki'.

"Album ini juga akan berkelanjutan dengan tajuk yang sama. Setelah rilis Campursari Nusantara Vol.1 yang dibawakan Connie Nurlita, lalu ada Campursari Nusantara Vol.2, dan seterusnya, tentunya dengan keberagaman artis-artis lain. Tidak menutup kemungkinan nanti bisa menggabungkan genre-genre musik lain, recycle lagu-lagu pop lain dengan aransemen campursari atau menggandeng penyanyi-penyanyi lintas genre campursari," papar pria yang juga kerap disapa Ndaru ini.

Aset digital lagu 'Ayang-Ayangmu' sekaligus keseluruhan lagu album Campursari Nusantara Vol.1 akan dikelola Markas Besar Balungan Kere (Mabes Balker) Music, label mandiri milik Ndarboy. Bahkan ke depannya album fisiknya juga akan dirilis agar bisa dinikmati berbagai kalangan.

"Sebelumnya saya sudah pernah memproduseri artis-artis lain, tapi untuk Mabes Balker Music berupa single-single aja. Kalau untuk album, baru kali ini sama Connie Nurlita untuk merawat cita-cita almarhum Didi Kempot, Campursari Nusantara," ujarnya.

Baca juga: Ndarboy Genk Hibur Ribuan Warga Klaten di Stadion Trikoyo

"Saya senang dan bangga bisa ada dalam proyek Campursari Nusantara yang diproduseri oleh Mas Ndarboy. Banyak juga hal yang saya dapat dari lagu campursari. Semoga album Campursari Nusantara bisa diterima masyarakat luas seluruh Indonesia. Matur nuwun Mas Ndarboy , sukses untuk kita semua," ujar Connie mengamini pernyataan Ndarboy .

Bagi Connie Nurlita, tujuan dari proyek ini sebenarnya hanya semata-mata karena melanjutkan cita-cita almarhum Didi Kempot, serta melestarikan dan juga lebih mengenalkan musik campursari ke berbagai daerah di indonesia.

"Dan yang paling utama, menurut kami masalah viral atau tidak itu hanya bonus, yang terpenting kami terus berkarya dan mewujudkan mimpi almarhum Didi kempot dalam wujud Campursari Nusantara," imbuh Connie Nurlita menutup obrolan.

Lagu 'Ayang-Ayangmu' Connie Nurlita dirilis pada Sabtu 22 Oktober 2022 di channel YouTube Mabes Balker Music dalam bentuk video klip.

Selain itu format audionya juga bisa langsung dinikmati di gerai-gerai musik digital seperti Spotify, Apple Music, dll pada waktu yang sama. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved