Pilpres 2024

Pilpres 2024: Kata Pengamat Soal Pernyataan Ganjar Pranowo Siap Maju Capres Jika PDIP Mengusungnya

Khoirul Umam menilai pernyataan Ganjar Pranowo sebagai sikap reaktif atas banyaknya figur lain yang dideklarasikan maju Pilpres 2024

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membacakan pesan damai dari Indonesia untuk dunia dalam penutupan Minnonite World Conference (MWC) ke-17 di Holy Stadium, Minggu (10/7/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Ganjar Pranowo terdengar menyatakan siap maju capres jika diusung PDI Perjuangan di Pilpres 2024. Pernyataan Gubernur Jawa Tengah itu mendapat tanggapan dari Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam.

Khoirul Umam menilai pernyataan Ganjar Pranowo itu sebagai sikap reaktif atas banyaknya figur lain yang sudah mendeklarasikan diri atau dideklarasikan untuk maju Capres 2024. Di sisi lain, Ganjar merupakan sosok dengan elektabilitas tinggi namun kerap diabaikan oleh partainya sendiri. 

Pernyataan Ganjar Pranowo siap maju Capres 2024 itu bisa dibilang untuk kali pertama keluar dari dirinya sendiri. Ganjar mengatakan bersedia apabila memang partainya mengusungnya.

"Kalau untuk bangsa dan negara, apa sih yang kita tidak siap,” kata Ganjar, dikutip Tribun Jogja dari kompas.com yang melansir dari wawancara yang diunggah kanal YouTube BeritaSatu, Selasa (18/10/2022).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan pada Kongres Sampah II di Paseban Candi Plaosan, Prambanan, Klaten, Sabtu (25/6/2022) malam.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan pada Kongres Sampah II di Paseban Candi Plaosan, Prambanan, Klaten, Sabtu (25/6/2022) malam. (TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan)

"Ketika partai kemudian sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya, semua orang mesti siap soal itu," tuturnya.

Ganjar Pranowo tetap menyatakan menghormati etika politik di internal PDI-P. Bahwa partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu kini tengah membangun relasi dengan sejumlah partai politik untuk pemilu.

Di sisi lain Ganjar Pranowo menyinggung saoal hasil survei capres yang mestinya tak diabaikan dalam mempertimbangkan nama Capres-Cawapres. Menurut dia, survei menjadi bagian dari suara rakyat.

"Tentu terkait dengan realitas yang ada di survei dan kemudian semua orang memperbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan toh," ucap Ganjar.

Dalam beberapa survei, nama Ganjar memang selalu muncul dengan hasil elektabilitas capres 2024 cukup tinggi. Dia bahkan kerap menduduki puncak survei, bersaing dengan sosok Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Selama ini Ganjar tak pernah menyatakan siap maju sebagai capres. Berulang kali dia menyebutkan akan tunduk pada keputusan partai.

Mengomentari pernyataan Ganjar Pranowo, Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam menilai, pernyataan Ganjar soal siap menjadi capres merupakan langkah reaktif. 

Khoirul Umam menjelaskan, itu sikap reaktif atas manuver tokoh-tokoh lain yang sudah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden seperti Prabowo Subianto dari Partai Gerindra dan Anies Baswedan dari Partai Nasdem.

Menurutnya, Ganjar Pranoro lewat pernyataannya dinilai berupaya memberikan sinyal positif ke partai-partai yang meliriknya sebagai capres.

Namun masih ada sisi lain dari pernyataan itu. Khoirul Umam mengatakan ucapan Gubernur Jawa Tengah itu juga seolah menunjukkan ketidaksabarannya melihat dinamika di internal PDI-P yang kurang agresif merespons potensinya sebagai capres.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved