Tragedi Kanjuruhan

Ini Hasil Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden FIFA Soal Sepakbola Indonesia

Tragedi Kanjuruhan merupakan pelajaran yang sangat berharga dan tidak boleh terulang kembali di masa yang akan datang.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D
Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022) siang. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Negara menghasilkan sejumlah kesepakatan untuk membangun sepakbola Indonesia menjadi lebih baik.

Pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden FIFA Gianni Infantino digelar sebagai tindaklanjut komunikasi yang sudah dijalin keduanya pascatragedi Kanjuruhan beberapa waktu yang lalu.

Pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Giani Infrantino sendiri dilaksanakan tertutup di ruang Jepara.

Keduanya mulai melalukan pembicaraan secara tertutup pukul 12.00 WIB.

Sesuai menggelar pertemuan dengan Presiden FIFA, Presiden Jokowi menyatakan dirinya dan Giani Infrantino menyepakati sejumlah hal, terutama terkait pembangunan sepakbola di Indonesia akan menjadi lebih baik lagi.

Tragedi Kanjuruhan merupakan pelajaran yang sangat berharga dan tidak boleh terulang kembali di masa yang akan datang.

"Kami bersepakat bahwa tragedi ini menjadi pelajaran yang sangat penting bagi persepakbolaan Indonesia dan juga bagi dunia sepak bola, dan jangan sampai kejadian ini terulang kembali. Jangan sampai kegembiraan penonton pertandingan sepak bola berujung pada duka dan malapetaka," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/10/2022) seperti yang dikutip Tribunjogja.com dari Tribunnews.com.

Kedepan, kata Presiden Jokowi, pemerintah Indonesia dan FIFA sepakat untuk melakukan transformasi sepakbola Indonesia agar menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Siang Ini Presiden FIFA Gelar Pertemuan Tertutup dengan Presiden Jokowi

Tranformasi tersebut dilakukan dengan memastikan semua aspek pertandingan sepakbola sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIFA.

Tak hanya itu, juga soal jaminan keamanan dan keselamatan penonton yang hadir di stadion.

"Memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA baik pemain maupun penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya," kata Jokowi.

"Untuk itu, kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain," tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. Pertemuan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, pada pukul 12.00 WIB.

Pertemuan Jokowi dengan Infantino merupakan tindak lanjut atas komunikasi keduanya beberapa waktu lalu.

Pada awal Oktober atau Senin (3/10/2022) Presiden menelpon Infantino usai terjadinya tragedi Kanjuruhan, Malang yang menyebabkan lebih dari 100 orang meninggal dunia. Setelah komunikasi melalui percakapan telepon tersebut, FIFA mengirimkan surat kepada pemerintah Indonesia.

Infantino tiba di Istana Merdeka, Jakarta sekitar pukul 11.58 WIB. Tiba di Istana, Infantino langsung disambut Presiden. Keduanya lalu saling menyapa dan bersalaman.

Presiden Jokowi lalu mengajak Infantino ke ruang Jepara, Istana untuk berbincang. Perbincangan antara Jokowi dan Infantino digelar secara tertutup. (*)

 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved