Berita Bantul Hari Ini

ISI Yogyakarta dan Forum Prodi Desain Produk Indonesia Gelar Rakernas Sebagai Wujud Komitmen Bersama

Prodi Desain Produk Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menggelar Sewon International Industrial Design Fair (SIIDEF) yang bertajuk Contemporary

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Suasana rakernas Forum Prodi Desain Produk Indonesia beberapa hari lalu 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Prodi Desain Produk Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menggelar Sewon International Industrial Design Fair (SIIDEF) yang bertajuk Contemporary Design Identity dari 10-22 Oktober 2022.

Selain pameran, salah satu rangkaian kegiatannya adalah rapat kerja nasional (rakernas) Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII).
 
Melalui kegiatan ini Forum Program Studi Desain Produk Indonesia terafiliasi dalam ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia) bersinergi menyatukan niat, pikiran dan tindakan untuk menghadapi situasi dan kondisi nasional yang tidak menentu karena tekanan faktor global.

Baca juga: Sebanyak 1.000 Santri Berkumpul untuk Peringati Hari Santri Nasional di Kota Magelang

Salah satu dari anggota Dewan Pakar serta Dosen di Prodi Desain Produk ISI Yogyakarta, Rahmawan D. Prasetya, menyatakan bahwa forum ini berperan mengembangkan dan menyebarluaskan pendidikan Desain Produk.

“Selain itu juga untuk menghasilkan sarjana desain produk yang berintegritas, profesional, dan berkemampuan sebelum memasuki tahap keprofesian,” ujarnya saat dikonfirmasi Senin (17/10/2022),

Sebagai wujud manifestasi komitmen bersama tersebut, Prodi Desain Produk sebagai pihak penyelenggara, bersama anggota forum lainnya menggelar Rapat Kerja Nasional Forum Program Studi Desain Produk Indonesia Tahap II di Gedung Sasana Ajiyasa, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada hari Kamis dan Jumat (13 dan 14 Oktober 2022).

Adapun rakernas tersebut merupakan kelanjutan dari aktivitas rakernas tahap I yang telah diadakan sebelumnya pada bulan Agustus 2022 di Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Dalam kegiatan ini hadir 48 orang yang merupakan delegasi dari 24 perguruan tinggi anggota forum serta 5 anggota dewan pakar.

Ketua Forum Program Studi Desain Produk Indonesia, Achmad Syarief  menyampaikan bahwa dengan banyaknya permasalahan penyelenggaraan pendidikan yang memerlukan penyelesaian bersama, maka rakernas diagendakan akan dilanjutkan pada pertengahan tahun 2023 mendatang di Universitas Esa Unggul Jakarta. Dalam rentan waktu tersebut, akan diisi dengan agenda kerjasama internal anggota gugus kelompok kerja sebagai rangkaian aktivitas persiapan.

“Pertemuan di Jakarta sendiri akan mensinergikan beberapa kegiatan Forum secara efektif dengan agenda utama penetapan rumusan visi keilmuan Desain Produk Indonesia,” ungkap Syarief.

Baca juga: Polres Purworejo Catat 4.371 Pelanggar Lalin Selama Operasi Zebra Candi 2022

Dalam kegiatan ini seluruh peserta diajak secara intens untuk mendiskusikan isu-isu terkini terkait penyelenggaraan pendidikan, mulai dari isu kerjasama pelaksanaan program MBKM lintas institusi, pameran promosi pendidikan bersama, hingga paparan komponen visi keilmuan desain produk dari gugus kelompok kerja yang bertugas sejak rakernas tahap I.

“Meski sampai berakhirnya kegiatan rakernas, rumusan visi keilmuan desain produk Indonesia masih belum tuntas namun setidaknya setiap program studi telah memiliki bekal pengetahuan untuk lebih tajam mengarahkan program pendidikannya menuju tata kelola organisasi pendidikan yang profesional,” tandasnya. (nto)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved