Berita Bantul Hari Ini

271 Calon Panwaslu Kapanewon di Bantul Lolos Seleksi Administrasi

Pengumuman dilakukan melalui website Bawaslu Bantul dan ditempelkan pada papan pengumuman yang berada di 17 Kantor  Kapanewon pada 12 Oktober lalu.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - Bawaslu Kabupaten Bantul mengumumkan sebanyak 271 orang calon Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan/Kapanewon di Kabupaten Bantul dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Pengumuman dilakukan melalui website Bawaslu Kabupaten Bantul dan ditempelkan pada papan pengumuman yang berada di 17 Kantor  Kapanewon pada tanggal 12 Oktober 2022 kemarin.

Adapun tahapan ini dilaksanakan sesuai dengan timeline pada Pedoman Pembentukan Panwaslu Kecamatan dari Bawaslu RI.

Anggota Bawaslu Bantul , Nuril Hanafi menyatakan, dari 271 orang tersebut, terdiri dari 163 laki-laki dan 108 perempuan.

Baca juga: Pendaftar Panwascam di Bantul Alami Peningkatan

Sedangkan sebanyak 7 orang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi karena tidak memenuhi persyaratan.

"Mereka yang dinyatakan tidak lolos, diantaranya  5 orang belum genap berusia 25 tahun pada saat mendaftar, 1 orang anggota partai politik pada lima tahun terakhir, dan 1 orang ber KTP dari luar Kabupaten Bantul," ujarnya Sabtu (15/10/2022).

Bagi yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berhak mengikuti tes tertulis dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 16 Oktober 2022 bertempat di SMK Negeri 1 Bantul.

Tes tertulis  dilaksanakan dengan  menggunakan sistem gugur yang akan mengambil sebanyak 6 orang per Kecamatan/Kapanewon.

“Pengumuman bagi yang dinyatakan lolos tes tertulis rencananya akan disampaikan pada hari Senin tanggal 17 Oktober 2022 dan selanjutnya akan dilaksanakan tes wawancara sebagai seleksi tahap akhir,” imbuhnya.

Bawaslu Bantul berharap kepada para peserta untuk  mempersiapkan diri secara serius dalam menghadapi tes tertulis sehingga peserta akan memperoleh nilai yang maksima.

Baca juga: 206 Pendaftar Calon Panwascam di Kulon Progo Lolos Verifikasi Administrasi

Tes tertulis tersebut menggunakan sistem gugur yang akan mengambil sebanyak 6 orang per Kecamatan/Kapanewon.

Pendaftar yang lolos tes tertulis akan diumumkan pada 17 Oktober 2022 dan selanjutnya akan mengikuti tes wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-22 Oktober 2022.

Bagi pendaftar yang dinyatakan terpilih menjadi anggota Panwaslu Kecamatan/Kapanewon akan diumumkan pada tanggal 25 Oktober 2022.

"Bawaslu Bantul mengharapkan dari proses pendaftaran dan penjaringan ini akan terpilih Anggota Panwaslu Kapanewon yang berintegritas dan berkualitas dalam melaksanakan kinerja pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024 sehingga akan terwujud Pemilu yang demokratis, bersih, jujur, dan adil khususnya di wilayah Kabupaten Bantul," pungkasnya.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved