Ratusan Siswa SD Kanisius Pugeran 1 Antusias Ikuti Karnaval HUT Ke-266 Kota Yogyakarta

Karnaval yang bertemakan Ekpresi Budaya Generasi Empati, Mandiri, Aktif dan Santun itu juga mendapat dukungan dari para orangtua siswa

TRIBUNJOGJA.COM/ Neti Istimewa Rukmana
Kemeriahan Pelaksanaan Karnaval HUT Ke-266 Kota Yogyakarta dari Sekolah Dasar (SD) Kanisius Pugeran 1, Kamis (6/10/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) Kanisius Pugeran 1 telihat bahagia saat mengikuti karnaval Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-266 Kota Yogyakarta, Kamis (6/10/2022).

Kepala SD Kanisius Pugeran 1, Albertus Nugroho, mengungkapkan rasa bahagianya bisa turut merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta, usai dua tahun yang lalu vakum dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

"Tentu saat ini kami merayakannya dengan suka cita. Karena pandemi kemarin, kami semua berada di rumah dan kurang bisa menikmati perayaan HUT Kota Yogyakarta selama dua tahun yang lalu," jelas Nugroho kepada Tribunjogja.com.

Karnaval yang bertemakan Ekpresi Budaya Generasi Empati, Mandiri, Aktif dan Santun itu juga mendapat dukungan dari para orangtua siswa SD Kanisius Pugeran 1.

Hal itu terlihat jelas saat para siswa itu mengenakan pakaian tradisioal berdasarkan konsep yang telah ditentukan.

Untuk siswa kelas 1 dan 2 SD Kanisius Pugeran 1, terlihat mengenakan Gagrak Jawa dan siswa kelas 3 mengenakan pakaian tradisional berupa lurik.

Sementara untuk siswa kelas 4 mengenakan pakaian bermain serta siswa kelas 5 mengenakan pakaian dari segala macam profesi. 

"Khusus pakian dari siswa kelas 6, kami ingin memberikan simbol Sekolah Dasar Kanisius Pugeran 1. Maka, untuk siswa kelas 6 itu mengenakan pakaian batik Sekolah Dasar Kanisius Pugeran 1," paparnya.

Dalam pelaksanaan karnaval tersebut, terdapat beberapa siswa yang bermain drumband dan membawa gunungan.

Dikatakanya, untuk drumband secara spesial mereka persembahkan untuk mengiringi pelaksanaan karnaval tersebut.

Pasalnya, drumband itu sempat vakum disebabkan pandemi Covid-19. 

Sehingga, ke depan, mereka ingin lebih aktif lagi untuk mempersembahkan pertunjukan spesial dari SD Kanisius Pugeran 1 saat mengikuti beragam acara.

Di sisi lain, hadirnya gunungan menjadi bagian simbol dari adat istiadat di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Namun uniknya, jika pada umumnya gunungan berisi sajian dari hasil bumi, khusus kali ini mereka membawa gunungan berisi jajanan anak-anak.

"Gunungan itu persembahan atas inisiatif dari orangtua siswa-siswi dalam memeriahkan karnaval tersebut," sambungnya.

Pergerakan karnaval itu di mulai dari SD Kanisius Pugeran 1 di Jalan Suryodiningratan, Kelurahan Suryodiningratan, Kemantren Mantrijeron, Kota Yogyakarta. 

Karnaval tersebut menelusuri Jalan Suryodiningratan, Jalan Pugeran, Jalan MT Haryono dan Jalan Bantul dengan total panjang rute sekitar dua kilometer.

Sebagai bentuk memperingati HUT ke-266 Kota Yogyakarta, pihaknya turut menggelar agenda pembuatan hasta karya oleh siswa SD Kanisius Pugeran 1.

"Selain rasa bersyukur bisa mengikuti perayaan HUT Kota Yogyakarta, kami juga ingin mengucapkan selamat Ulang Tahun untuk Kota Yogyakarata. Semoga Kota Yogyakarta bisa makin maju dan kami sebagai instansi pendidikan bisa terus membantu dalam mengembangkan dunia pendidikan, khususnya di Kota Yogyakarta," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved