Wabup Gunungkidul Harapkan DPP Terus Fasilitasi Petani untuk Optimalisasi Hasil Panen

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengikuti panen raya di Pedukuhan Gedangan II, Kalurahan Gedangrejo, Kapanewon Karangmojo. Kegiatan itu dilakuka

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto (tengah) saat ikut dalam panen raya padi di Kalurahan Gedangrejo, Karangmojo pada Senin (04/10/2022) lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengikuti panen raya di Pedukuhan Gedangan II, Kalurahan Gedangrejo, Kapanewon Karangmojo. Kegiatan itu dilakukan pada Senin (03/10/2022) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, ia juga sekaligus meminta Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul untuk menangani segala hambatan yang dihadapi petani.

"Saya harap DPP bisa memfasilitasi para petani agar hasil panennya bisa lebih optimal," kata Heri memberikan keterangannya pada Selasa (04/10/2022).

Baca juga: Tak Ada Hujan dan Angin Kencang, Sebuah Pohon Tumbang Timpa Sedan di Klaten

Seperti yang disampaikan Ketua Kelompok Tani (Poktan) setempat, Prayogo, kendala yang dihadapi salah satunya dari irigasi.

Menurutnya, pipa untuk aliran irigasi saat ini sudah tidak memadai untuk pertanian.

Adapun ukuran diameter yang ada saat ini hanya sekitar 3 inci, sedangkan yang dibutuhkan adalah diameter 4 inci. Ia pun berharap segera ada perbaikan dan peningkatan kualitas pipa.

"Sebab peningkatan pipa ini juga akan membuat mesin jadi lebih awet," jelas Prayogo.

Heri juga berharap DPP Gunungkidul membantu petani setempat dalam mendapatkan pupuk. Sebab para petani mengaku kesulitan dalam mendapatkan pupuk untuk lahan pertanian mereka.

Ia pun berpesan pada para petani agar tetap bertahan dalam upaya meningkatkan hasil pangan. Sebab mereka memiliki peran sangat penting dalam menjaga ketahanan pangan.

"Para petani bisa dikatakan adalah pahlawan di sektor pangan," ujar Heri.

Baca juga: Polres Bantul Tahan Oknum di Polsek Srandakan yang Berkomentar Tak Pantas Soal Tragedi Kanjuruhan

Kepala DPP Gunungkidul, Rismiyadi, beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya terus gencar memberikan bantuan pada para petani. Terutama untuk meningkatkan hasil pertanian.

Sejumlah bantuan yang diberikan berupa perpipaan untuk irigasi bagi beberapa poktan. Adapun bantuan itu juga berasal dari pemerintah pusat.

"Saat ini kami juga tengah gencar mendistribusikan pupuk bersubsidi untuk memaksimalkan hasil pertanian di Gunungkidul," jelas Rismiyadi. (alx)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved