Berita Kulon Progo Hari Ini

Rawan Terjadi Sengketa Pemilu, Bawaslu Gelar Sosialisasi pada 22 Parpol di Kulon Progo

Bawaslu Kulon Progo memberikan sosialisasi terkait cara pengisian form permohonan sengketa yang dilakukan oleh partai politik.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kulon Progo, Panggih Widodo saat menyampaikan paparan sosialisasi terkait pencegahan dan penyelesaian sengketa pemilu. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Gelaran pesta demokrasi sering kali rawan terjadi sengketa. 

Oleh karenanya, Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kulon Progo menyelenggarakan sosialisasi pencegahan dan penyelesaian sengketa proses pemilu pada Senin (3/10/2022) kemarin. 

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kulon Progo , Panggih Widodo menyampaikan berdasar Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017, Bawaslu memiliki kewenangan yang cukup besar. 

Baca juga: Atasi Inflasi, Mentan Minta Gubernur DIY dan PJ Bupati Kulon Progo Jaga Produktivitas Bawang Merah

Ketugasan Bawaslu tidak hanya sebagai pengawas namun juga berwenang menerima, memeriksa, dan memutus penyelesaian sengketa proses Pemilu

Sehingga Bawaslu Kulon Progo memandang perlu untuk melakukan sosialisasi terkait mekanisme penyelesaian sengketa proses pemilu kepada partai politik (parpol), mengingat tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol saat ini adalah salah satu tahapan yang rawan terjadi sengketa.

"Tujuan sosialisasi tersebut, agar parpol mengetahui tentang kewenangan Bawaslu terkait penyelesaian sengketa proses pemilu. Mulai dari langkah pencegahan dan penyelesaian yang meliputi pelaksanaan mediasi dan ajudikasi," ucap Panggih dalam keterangan tertulisnya. 

Sosialisasi dihadiri 22 parpol yang mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu di Kabupaten Kulon Progo . 

Baca juga: Bupati Purworejo Agus Bastian Luncurkan Layanan 112 dan Larisi Purworejo

Bawaslu Kulon Progo memberikan sosialisasi terkait cara pengisian form permohonan sengketa yang dilakukan oleh partai politik yang hadir dalam sosialisasi tersebut.

Dalam kesempatan itu, sosialisasi juga melibatkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat. 

Kepala Kesbangpol Kulon Progo , Budi Hartono menyampaikan peran Kesbangpol dalam pembinaan parpol

"Partai Politik merupakan sarana partisipasi politik masyarakat dalam mengembangkan kehidupan demokrasi untuk menjunjung tinggi kebebasan yang bertanggung jawab,” tegas Budi. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved