Info Prakiraan Cuaca

Ramalan Cuaca BMKG : Hujan Diprediksi Guyur 33 Provinsi di Awal Pekan Ini

BMKG meramalkan hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan petir akan melanda sebagian besar wilayah Indonesia pada hari ini

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Tribunnews
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di 33 provinsi pada Senin 3 Oktober 2022 hari ini 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Hujan mengguyur hampir sebagian besar wilayah DIY sejak Minggu (2/10/2022) sore hingga Senin (3/10/2022) pagi ini.

Guyuran hujan diprediksi masih akan berlanjut pada sepanjang Senin (3/10/2022) hari ini.

Siapkan jas hujan atau payung terlebih dahulu sebelum menjalankan aktifitas hari ini.

Berdasarkan ramalan cuaca yang dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebagian besar wilayah di Indonesia, termasuk DIY pada hari ini akan diguyur hujan lebat.

Bahkan BMKG memprediksi sebagian besar wilayah di Indonesia akan diguyur hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir.

BMKG pun sudah mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di 33 provinsi pada hari ini.

Rinciannya, sebanyak 31 provinsi mendapatkan peringatan dini berupa potensi hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir.

Kemudian dua wilayah lainnya mendapatkan peringatan dini berupa potensi hujan yang dapat disertai angin kencang dan petir.

BMKG mengimbau kepada warga yang berada di wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem untuk meningkatkan kewaspadaan.

Dikutio dari laman web.meteo.bmkg.go.id, potensi cuaca ekstrem di 33 provinsi pada hari ini dipengaruhi oleh adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat Sumatera dan di utara Kalimantan Barat.

Sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin) konvergensi yang memanjang dari perairan Singkawang-Sambas hingga Kalimantan Barat, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara dan di Samudra Hindia barat Sumatera. 

Kemudian daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari perairan Sabang hingga Aceh, di Sumatera Barat, di Bengkulu, di Laut Jawa bagian barat, di Jawa Barat, di Jawa Tengah, di Jawa Timur, di Sulawesi bagian tengah, di Papua Barat dan di Papua. 

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved