IKA Geo ITNY Bekali Lulusan Baru Training Singkat Regulasi dan Standar Pengoperasian Pertambangan

Ikatan Keluarga Alumni Geologi (IKA Geo) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menggelar training singkat untuk lulusan baru dan mahasiswa

TRIBUNJOGJA.COM/Christi Mahatma Wardhani
Ikatan Keluarga Alumni Geologi (IKA Geo) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menggelar training singkat bertajuk Key Message For Geology Fresh Graduate and Short Training of Regulations and Standards In Mining Operation, Senin (03/10/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ikatan Keluarga Alumni Geologi (IKA Geo) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menggelar training singkat untuk lulusan baru dan mahasiswa Teknik Geologi.

Training singkat tersebut bertajuk Key Message For Geology Fresh Graduate and Short Traininf of Regulations and Standards In Mining Operation.

Ketua IKA Geo ITNY, Agus Suyono ST MMT mengatakan pembekalan yang dikemas dengan training singkat tersebut memang diperlukan, khususnya untuk lulusan baru Teknik Geologi.

Baca juga: BPBD Kabupaten Bantul Usulkan SK Siaga Darurat Kepada Bupati

Dengan demikian, para lulusan baru mendapat bekal yang matang dari praktisi.

"Memang saat perkuliahan sudah diajarkan, tetapi lulusan baru juga harus memiliki kompetensi yang mumpuni, sehingga bisa terserap ke dunia kerja. Dengan pembekalan ini, mahasiwa dan lulusan baru baru bisa mencocokan, bagaimana teorinya dan praktiknya di dunia kerja," katanya, Senin (03/10/2022).

Ia menerangkan tema regulasi dan standar sengaja dipilih agar lulusan baru semakin mengenal dunia industri.

Sehingga ketika sudah bekerja, lulusan baru ITNY bisa langsung mengaplikasikan.

Ditambah lagi pengetahuan akan regulasi dan standar dalam pengoperasian pertambangan memang diperlukan.

Hal itu agar mencegah kecelakaan kerja selama lulusan ITNY bekerja di tambang.

"Dengan begitu lulusan ITNY tahu regulasi dan standar pengoperasian pertambangan, sehingga itu harus dipatuhi. Tentu untuk menghindari kecelakaan kerja,"terangnya.

Agus pun mendorong agar lulusan ITNY tidak hanya memiliki ijazah saja, tetapi sertifikat pendamping ijazah. Dengan begitu lulusan ITNY memiliki sertifikasi kompetensi khusus untuk mendukung karirnya di industri pertambangan.

Dalam pembekalan tersebut, IKA Geo ITNY menggandeng Allsys Training Center. Direktur Allsys Training Center, Agung Budiarto menyebut kebanyakan lulusan Teknik Geologi hanya menguasai hal teknis saja.

Baca juga: Atasi Inflasi, Mentan Minta Gubernur DIY dan PJ Bupati Kulon Progo Jaga Produktivitas Bawang Merah

"Sementara untuk pemahaman terkait dengan pertambangan sangat  minim. Padahal dalam industri pertambangan juga ada manajemen sistemnya. Ini akan berkorelasi banyak dengan dunia kerja,"ungkapnya.

Menurut dia, pertambangan adalah industri padat karya. Banyak tenaga kerja yang terlibat dalam rangkaian proses pertambangan. Untuk itu, ia berharap lulusan dan mahasiwa ITNY memahami regulasi di pertambangan.

"Kalau besok bekerja, pastikan perusahaan yang dipilih itu memberikan jaminan keselamatan. Ada undang-undang yang mengatur. Jadi kalau besok ada perusahaan yang tidak mau menjamin keselamatan kerja, jangan mau," ujarnya. (maw)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved