Empati Tragedi Kanjuruhan, Seluruh Pertandingan Tarkam Sepakbola di Klaten Dihentikan Selama Sepekan

Penghentian laga Sepakbola Tarkam itu sebagai bentuk empati kepada tragedi yang merenggut nyawa di Stadion Kanjuruhan Malang

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
dok.Bolasport
Duka cita atas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Seluruh pertandingan sepakbola antar kampung (Tarkam) dan sejenisnya yang mendatangkan penonton dalam jumlah banyak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dihentikan selama sepekan.

Penghentian laga Sepakbola Tarkam itu sebagai bentuk empati kepada tragedi yang merenggut nyawa suporter pada pertandingan sepakbola di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam.

"Apapun ini sepakbola, secara psikis kejadian di satu wilayah akan berpengaruh ke wilayah lainnya. Maka kita hentikan sepekan," ujar Ketua Askab PSSI Klaten, Jajang Prihono saat ditemui di Pemkab Klaten, Senin (3/10/2022).

Selain itu, lanjut Jajang, bila dilihat dari segi keamanan pun, kegiatan sepakbola yang mengundang keramaian di kalangan penonton di Klaten juga belum mendapat izin dari pihak keamanan.

"Saya yakin dilihat dari sisi keamanan pun juga belum mengizinkan adanya pertandingan sepakbola. Sejauh ini untuk cabor bola saja. Kalau cabor lain belum tahu, karena ini kan saya ketua Askab PSSI Klaten," jelas Jajang.

Ia menyebut, untuk Stadion Trikoyo Klaten nantinya juga akan diperbaiki sesuai dengan arahan Bupati Klaten yang meminta Stadion Trikoyo diperbaiki pada tahun 2024.

"Ini bukan karena ada kerusuhan di Kanjuruhan, tapi stadion memang juga akan direnovasi mulai dari pintu keluar, kapasitas tribun dan lainnya," ucap dia.

Sementara itu, pertandingan tuan rumah PSIK Klaten kontra Persebi Boyolali dalam lanjutan penyisihan grup Liga 3 Jawa Tengah juga dipastikan ditunda.

Sedianya laga krusial yang mempertemukan pemuncak dan peringkat kedua grup J Liga 3 Jawa Tengah itu bakal dilaksanakan di Stadion Trikoyo, Klaten, Rabu (5/10/2022) sekitar pukul 15.00 WIB.

Manajer PSIK Klaten, Purwanto mengatakan penundaan pertandingan antara PSIK Klaten versus Persebi Boyolali sudah di sampaikan oleh Asprov PSSI Jawa Tengah kepada pihaknya.

"Kita ada terima surat dari Asprov PSSI Jateng bahwa sebagai bentuk empati atas peristiwa di Kanjuruhan, Malang, maka laga sepakbola ditunda satu pekan," ujarnya.

Menurut Purwanto, segenap manajemen PSIK Klaten dipastikan mematuhi permintaan penundaan pertandingan itu karena regulasi Liga 3 Jawa Tengah mengacu kepada aturan yang dikeluarkan oleh Asprov PSSI Jawa Tengah.

"Jadwal kita kan tanggal 5 Oktober ini bermain lawan Persebi, nanti kita mengikuti informasi selanjutnya yang disampaikan oleh Asprov," akunya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved