Berita Kota Yogya Hari Ini

Catat Tanggalnya, WJNC #7 Siap Meriahkan Malam Puncak HUT ke-266 Kota Yogyakarta

Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7 bakal kembali hadir dalam malam puncak peringatan HUT ke-266 Kota Yogyakarta, 7 Oktober 2022. Lebih dari 500

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Azka Ramadhan
Penampilan salah satu seniman dalam agenda Wayang Jogja Night Carnival edisi 2021 lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7 bakal kembali hadir dalam malam puncak peringatan HUT ke-266 Kota Yogyakarta, 7 Oktober 2022.

Lebih dari 500 seniman dari 14 kemantren bakal ikut menyemarakkan agenda tahunan bagian dari calendar of event Kemenparekraf RI tersebut.

Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati, menyampaikan, seperti gelaran-gelaran sebelumnya, WJNC kembali menyajikan suguhan penampilan seni koreogeafi, busana, musik kontemporer dan permainan lighting nan ciamik karya seniman-seniman kenamaan.

Baca juga: Dapur Rumah Warga di Prambanan Sleman Rusak Setelah Tertimpa Longsor

Namun, yang menjadi pembeda adalah, lokasi WJNC edisi ke tujuh ini bakal dikembalikan ke kawasan Tugu Pal Putih, Kota Yogyakarta. Sebagai informasi, dalam dua gelaran terakhir, WJNC terpaksa bergulir secara terbatas di kompleks Balai Kota dan Stadion Mandala Krida, karena terdampak pandemi Covid-19.

"Sehingga, harapan kami, WJNC tahun ini jadi wadah yang semakin representatif bagi seniman-seniman lokal untuk berekspresi dan berkarya dalam acara bertaraf nasional," ungkap Andrini, Senin (3/10/10).

Dijelaskannya, WJNC #7 mengusung konsep karnaval jalanan dengan mengambil tajuk pewayangan.

Arak-arakan kendaraan hias, serta cosplay tokoh-tokoh wayang pun bisa kembali dinikmati publik secara langsung sepanjang 1,2 kilometer, menyusuri Jalan Sudirman, Tugu, hingga Jalan Margoutomo. 

"Acara dimulai pukul 18.30 WIB. Akses perempatan Tugu Pal Putih akan ditutup sementara selama WJNC bergulir. Rencananya, Menparekraf Sandiaga Uno juga bakal hadir menyaksikan langsung," jelasnya.

Baca juga: 6 Drama Korea yang Bisa Bikin Kamu Nangis Sesenggukan

Sementara tema yang diusung dalam WJNC #7 ialah 'Lokananta Arjuna Anugraha'. Andrini mengungkapkan, Lokananta merupakan seperangkat gamelan Suralaya, istana dewa-dewa di kayangan.

Dalam ragam kisah pewayangan, Lokananta hanya ditabuh secara khusus dua kali saja. Yakni, saat pernikahan Baladewa-Erawati dan pernikahan Arjuna-Sembrada.

"Tema ini diambil sebagai wujud rasa syukur bersama masyarakat Kota Yogya, yang berhasil melewati masa pandemi Covid-19. Sekaligus, bentuk dukungan kami terhadap gamelan, yang ditetapkan jadi warisan budaya tak benda UNESCO," cetusnya. (aka)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved