Berita Bisnis Terkini

Hari Pariwisata Sedunia, Tokopedia Ungkap Kenaikan Transaksi Pembelian Tiket Liburan

Tokopedia membagikan beberapa temuan menarik terkait aktivitas perjalanan masyarakat selama setahun ke belakang.

Penulis: Gaya Lufityanti | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Transaksi pembelian tiket pesawat di Tokopedia meningkat lebih dari 1,5x lipat pada semester 1 2022 dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Tokopedia juga mencatat Kota Surabaya, Bekasi, Semarang, Bandung, dan Depok menjadi kabupaten/kota dengan transaksi booking hotel tertinggi selama satu tahun terakhir. 

Tribunjogja.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh tepat di tanggal 27 September, Tokopedia membagikan beberapa temuan menarik terkait aktivitas perjalanan masyarakat selama setahun ke belakang.

“Antusiasme masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan pun semakin meningkat. Terlihat dari adanya kenaikan transaksi pembelian tiket pesawat di Tokopedia yang meningkat lebih dari 1,5x lipat pada semester 1 2022 dibandingkan periode yang sama di tahun lalu,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya  melalui siara resmi yang diterima Tribunjogja.com .

Ia menambahkan, “Data internal Tokopedia juga mengungkapkan bahwa Jabodetabek, Sidoarjo, Deli Serdang, Maros, dan Bali merupakan destinasi populer untuk pembelian tiket pesawat sepanjang satu tahun terakhir. Pada periode yang sama pula, Medan, Surabaya, wilayah Jabodetabek, Batam, dan Makassar tercatat sebagai kabupaten/kota dengan transaksi pembelian tiket pesawat tertinggi.”

Baca juga: Mengenal Tokopedia Marketing Solutions, Solusi Pemasaran Menyeluruh bagi Pelaku Bisnis di Indonesia

Sementara itu, destinasi populer untuk pembelian tiket kereta api dalam satu tahun terakhir adalah Yogyakarta, Jabodetabek, Surabaya, Semarang, dan Bandung.

“Untuk memenuhi kebutuhan traveling yang hemat, Tokopedia menghadirkan promo September Ceria. Dengan menggunakan kode ANAKJALAN, KERETAYUK, KERETASERU, GOPAYTRAVEL, dan HOTELSALE masyarakat akan mendapatkan keuntungan berupa cashback dan diskon sesuai dengan ketentuan yang berlaku," terang Ekhel.

Sebagai paket lengkap untuk memenuhi kebutuhan liburan, Tokopedia yang juga menyediakan layanan booking hotel menemukan data menarik.

Kota Surabaya, Bekasi, Semarang, Bandung, dan Depok tercatat sebagai kabupaten/kota dengan transaksi booking hotel tertinggi selama satu tahun terakhir.

Selain mempermudah masyarakat dalam memesan tiket pesawat atau kereta dan hotel, Tokopedia juga menghadirkan beragam pilihan tiket event dan kegiatan lainnya seperti konser, pameran, gelaran eksibisi, acara kuliner dan lain sebagainya.

Baca juga: Ini Tips Supaya UMKM Punya Jualan yang Laris Manis di Tokopedia

Layanan ini pun turut mendorong Kota Bandung, Medan, Surabaya, Tangerang Selatan, dan Semarang sebagai kabupaten/kota dengan transaksi tiket event/hiburan paling tinggi selama satu tahun terakhir.

Pariwisata masih menjadi salah satu sektor unggulan di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, tahun ini ditargetkan sektor pariwisata dapat berkontribusi sebesar 4,3 persen terhadap PDB Indonesia.

“Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk kebutuhan pendukung liburan demi  mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui kebangkitan sektor pariwisata,” tutup Ekhel. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved